Kebakaran Hutan Hanguskan 1.500 Hektare, Butuh 3 Ribu Pemadam! 

Spanyol mengirimkan bantuan untuk Portugal

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Portugal telah mengerahkan sekitar 3 ribu petugas pemadam kebakaran dan 60 pesawat pemadaman, untuk berjuang menghadapi kebakaran hutan pada Minggu (10/7/2022).

Kebakaran hutan ini membuat pemerintah mengumumkan keadaan darurat, di tengah suhu panas ektrem yang melanda dan memicu kekeringan.

1. Ada hampir 250 kebakaran baru terjadi

Kebakaran Hutan Hanguskan 1.500 Hektare, Butuh 3 Ribu Pemadam! Ilustrasi kebakaran hutan. (Unsplash.com/Karsten Winegeart)

Melansir Al Jazeera, api telah berkobar di beberapa daerah Portugal sejak minggu lalu dan hampir 250 kebakaran baru dilaporkan terjadi pada Jumat dan Sabtu. Karena kebakaran ini, pemerintah telah mengumumkan keadaan darurat dari 11 hingga 15 Juli, yang berada dalam tingkat di bawah keadaan bencana dan darurat.

Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa, membatalkan rencana perjalanan ke Mozambik agar dapat memantau situasi kebakaran. Presiden Marcelo Rebelo de Sousa juga melakukan tindakan yang sama, dengan membatalkan perjalanannya ke New York. Dia dijadwalkan untuk berbicara di Dewan Ekonomi dan Sosial PBB.

Dalam kebakaran di wilayah Travessa de Almogadel di Portugal tengah, pemerintah telah melakukan evakuasi dan setelah api dipadamkan otoritas terkait mengerahkan lebih dari 700 tentara. Kebakaran itu diperkirakan menghancurkan sekitar 1.500 hektar (3.700 hektar) vegetasi.

"Api datang 50 meter dari rumah terakhir di desa di atas sana semuanya terbakar," kata Donzilia Marques, seorang warga setempat sambil menunjuk ke perbukitan antara rumahnya dan kota terdekat Freixianda.

Sehari sebelumnya dia di dievakuasi, tapi kini telah kembali ke rumahnya yang selamat dari kobaran api.

Portugal telah lama menderita akibat kebakaran hutan yang besar, dan terkadang tragis. Pada 2017, kebakaran hutan yang tidak terkendali menewaskan lebih dari 100 orang. Dalam kebakaran tebaru ini, ada 29 orang terluka ringan dan membutuhkan bantuan medis, yang terdiri dari 12 petugas pemadam kebakaran dan 17 warga sipil.

Baca Juga: Bersiap Hadapi Gelombang Panas, Portugal Waspadai Kebakaran Hutan

2. Bantuan dari Uni Eropa

Kebakaran Hutan Hanguskan 1.500 Hektare, Butuh 3 Ribu Pemadam! Bendera Uni Eropa. (Unsplash.com/ALEXANDRE LALLEMAND)

Melansir Associated Press, untuk membantu memadamkan kobaran api di Portugal, Uni Eropa (UE) pada Minggu telah mengaktifkan program bantuan armada udara pemadam kebakaran, yang membuat negara-negara anggota dapat mengirimkan bantuan.

Komisaris krisis UE, Janez Lenarcic, mengatakan bahwa pemerintah Spanyol telah bertindak cepat merespons kebakaran hutan yang terjadi di tetangganya, dengan memobilisasi dua pesawat pemadam kebakaran untuk dikirim membantu memadamkan api.

Selain Portugal, Spanyol juga sedang berjibaku dengan kebakaran hutan. Dalam kebakaran di dekat desa El Ronquillo, telah dikerahkan sekitar 115 petugas pemadam kebakaran yang didukung oleh helikopter dan pesawat untuk memadamkan api. Sebagai tindakan pencegahan, pihak berwenang juga telah mengevakuasi 30 orang dari rumah.

3. Gelombang panas di Portugal

Cuaca ekstrem yang melanda Portugal menyebabkan 28 persen wilayah pada bulan lalu mengalami kekeringan. Kondisi itu jauh lebih parah dibandingkan dengan hanya satu persen pada Mei.

Cuaca ekstrem yang terjadi telah memicu gelombang panas, yang diperkirakan oleh Institut Portugis untuk Laut dan Atmosfer, bahwa suhu akan meningkat secara bertahap mencapai lebih dari 40 derajat Celcius di beberapa wilayah pada akhir pekan.

UE mengatakan, perubahan iklim telah memicu gelombang panas melanda benua itu dan menghadapi salah satu tahun tersulitnya terkait kekeringan dan kebakaran hutan. Pada bulan lalu, 96 persen dari negara Eropa bagian selatan telah diklasifikasikan dalam kekeringan ekstrim.

Untuk mencegah korban akibat suhu panas, pemerintah melarang akses publik ke hutan yang dianggap berisiko, melarang penggunaan mesin pertanian, dan menyalakan kembang api.

Perdana Menteri Costa melalui Twitter mengingatkan agar warga tidak menyalakan api di luar ruangan, atau menggunakan mesin pertanian berat yang dapat menyebabkan percikan api.

“Mencegah kebakaran adalah bantuan terbaik yang bisa kami berikan kepada petugas pemadam kebakaran kami,” tulisnya.

Baca Juga: Imbas Gelombang Panas, 3 Negara Eropa Kini Bertempur Padamkan Api

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya