Kematian Pengkritik Putin Pada 2018 Dicurigai Sebagai Pembunuhan

Glushkov dituduh melakukan penipuan Aeroflot

London, IDN Times - Nikolai Glushkov pengkritik Presiden Putin yang meninggal pada 12 Maret 2018 di rumahnya di London, dicurigai bukan sebagai bunuh diri melainkan sebagai kasus pembunuhan. Dalam sidang pemeriksaan pada hari Jumat (9/4/2021) keterangan paramedis menyampaikan kekhawatiran bahwa Glushkov telah dibunuh.

Glushkov meninggalkan Rusia setelah dituduh melakukan kasus penipuan dan pencucian uang, dia mendapatkan suaka politik di Inggris pada 2010.

1. Ditemukan tewas di hari persidangan

Kematian Pengkritik Putin Pada 2018 Dicurigai Sebagai PembunuhanNikolai Glushkov pengkritik Presiden Putin meninggal pada 12 Maret 2018 di hari persidangannya. sumber:twitter.com/Metropolitan Police

BBC melansir, Tubuh Glushkov yang sudah tak bernyawa ditemukan putrinya, Natalia, pada 12 Maret 2018 lalu, di mana hari itu seharunya dia menghadiri persidangan di pengadilan niaga di London untuk membela diri. Kematian Glushkov terjadi seminggu setelah mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia ditemukan tewas di Salisbury dengan diracuni Novichok.

Dilansir The Independent,  penyelidikan kematian Glushkov dipimpin oleh Komando Penanggulangan Terorisme Polisi Metropolitan, yang belum melakukan penangkapan meskipun telah menghubungi lebih dari 1.800 saksi, meninjau 200 jam rekaman CCTV dan mengumpulkan 1.200 bukti. Penyelidik telah meminta informasi tentang van Volkswagen hitam yang terlihat di dalam dan sekitar Clarence Avenue pada malam sehari sebelum Glushkov ditemukan tewas. Baik kendaraan maupun pengemudinya tidak dilacak meskipun ada permintaan publik, dan ini tetap menjadi "jalur penyelidikan penting".

Putri dari Glushkova, pada hari Jumat mengatakan petugas koroner telah mengonfirmasi bahwa ayahnya telah dibunuh. “Pembunuhnya mencoba untuk melakukan bunuh diri, tetapi bukti patologi membuktikannya. Sayangnya, terlepas dari investigasi SO15 selama tiga tahun, pembunuhnya lolos dari pengadilan. "SO15 adalah divisi kontra-terorisme polisi Inggris, dia juga mengatakan bahwa lega karena kasus kematian ayahnya ditambahkan ke dalam daftar panjang emigran Rusia yang kematiannya tidak pernah dijelaskan sepenuhnya. "Ayah saya dianiaya secara politik hampir sepanjang hidupnya dan sampai nafas terakhirnya. Saya berharap penyelidikan atas pembunuhannya akan berlanjut dan, suatu hari, mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhannya akan diadili di pengadilan Inggris."

Pada tahun 2019 saat diwawancara oleh The Guardian, putri dari Glushkova menggambarkan adegan di rumah ayahnya sebagai "rencana bunuh diri yang sampah". Dia mengatakan tidak ingin berspekulasi tentang siapa pembunuh ayahnya dan mengapa melakukannya, dia menggambarkan ayahnya sebagai "bola energi yang karismatik dan bersemangat" yang positif dan tidak mampu melukai dirinya sendiri.

Baca Juga: Fentanil Bukan Sebab Utama George Floyd Tewas

2. Kejanggalan bunuh diri

Kematian Pengkritik Putin Pada 2018 Dicurigai Sebagai PembunuhanIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir The Guardian, kematian Glushkov dicurigai sebagai pembunuhan dan dibuat seolah-olah sebagai tindakan bunuh diri. Dia diduga meninggal dengan dicekik. Saat ditemukan meninggal tubuh Glushkov berbaring telungkup di lorong dan sebuah tali anjing merah telah dililitkan dua kali di lehernya. Ditemukan tanda-tanda memar yang jelas di tubuhnya. Sebuah tangga dua langkah kecil ditemukan di samping tubuhnya, serta tali biru di tangga.

Dari hasil pemeriksaan postmortem ditemukan tanda-tanda bahwa Glushkov telah dibunuh. Ini termasuk patah tulang laring dan tulang hyoid, serta luka dangkal di wajahnya. Seorang paramedis yang datang ke lokasi kejadian, Dominic Beil, mengatakan dia langsung memanggil polisi karena merasa lokasi kejadian tersebut mencurigakan.

Beil menyampaikan umumnya pada kasus bunuh diri tangga akan ditendang, namun dalam kasus ini tangga tetap tegak. Saat meninggal Glushkov mengenakan kemeja polo hijau dan celana olahraga.

Hasil penyelidikan menemukan bahwa Glushkov telah disergap pembunuhnya dari belakang dan dengan cepat menundukkannya. Tidak ada tanda-tanda dia telah bergulat panjang dengan pelaku. Glushkov telah meminum obat penenang ringan dan segelas alkohol, tetapi ini tidak berperan dalam apa yang diputuskan oleh petugas koroner pada hari Jumat sebagai "pembunuhan di luar hukum".

3. Nikolai Glushkov pernah dihukum melakukan pencucian uang dan penipuan

Kematian Pengkritik Putin Pada 2018 Dicurigai Sebagai PembunuhanIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

The Independent melansir, Nikolai Glushkov yang mendapatkan suaka politik di Inggris pada 2010 berteman dekat dengan oligarki Rusia yang diasingkan Boris Berezovsky, yang ditemukan meninggal di kamar mandi rumahnya di Berkshire, Inggris pada 2013. Berezovsky juga merupakan teman mata-mata Alexander Litvinenko yang terbunuh.

Glushkov diketahui pernah bekerja untuk perusahaan mobil LogoVaz milik Berezovsky di Rusia, sebelum menjadi wakil direktur jenderal pertama untuk maskapai penerbangan Rusia Aeroflot pada akhir 1990-an.

Dia pernah menjalani kurungan lima tahu penjara karena dakwaan pencucian uang dan penipuan di Rusia, dia kemudian melarikan diri dari Rusia setelah dijatuhi hukuman percobaan dua tahun karena penipuan pada tahun 2006. Pada 2017, dia dijatuhi hukuman delapan tahun penjara dan denda 1 juta rubel (Rp188,8 juta) dalam persidangan tanpa kehadirannya, dengan tuduhan menipu Aeroflot. Kasus penipuan Aeroflot tersebut terus berlanjut hingga kematiannya.

Di halaman media sosial pekerja profesional, LinkedIn, Glushkov menuliskan dirinya sebagai "konsultan pribadi" dalam layanan keuangan sejak 2011. Polisi menggambarkan Glushkov sebagai "pensiunan direktur keuangan" dan mengatakan dia telah tinggal di rumah di Clarence Avenue selama dua tahun.

Baca Juga: Para Pemimpin Irlandia Utara Serukan Kekerasan Dihentikan

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya