Kode Zodiac Killer dari 51 Tahun Lalu Berhasil Dipecahkan

Siapa yang tahu kasus ini?

San Fransisco, IDN Times - Zodiac Killer merupakan sebutan untuk pembunuh berantai dari San Fransisco, California Utara, yang beraksi pada akhir tahun 1960-an. Sampai saat ini pembunuh yang telah membunuh lima orang tersebut masih belum terungkap identitasnya.

Zodiac Killer terkenal tidak hanya karena tindakan kejahatannya juga karena kode yang dibuat untuk mengejek dan menantang polisi menangkapnya, ia mengirim kode kepada surat kabar San Francisco Chronicle. Namun kode tersebut saat ini berhasil dipecahkan oleh tiga orang dari Amerika, Australia dan Belgia. Hasil telah dikonfirmasi oleh FBI, pada Jumat (11/12) waktu setempat.

1. Apa arti kode tersebut?

Kode Zodiac Killer dari 51 Tahun Lalu Berhasil DipecahkanArti dari kode yang dibuat Zodiac Killer. Sumber: twitter.com/ Chris Lowes

Melansir dari ABC News, sandi yang dibuat Zodiac Killer dikirim ke koran San Francisco Chronicle, pada tahun 1969 sampai dengan tahun 1974 oleh seorang pria yang menyebut dirinya Zodiac. Pesan yang berisi kode tersebut memiliki 340 sandi dan para polisi dan pemecah kode kebingungan mengenai maksud dari pesan tersebut.

Pesan dengan sandi yang tak terpecahkan selama lebih dari 50 tahun tersebut berhasil terpecahkan sebagian oleh tiga orang pemecah kode. Mereka adalah Samuel Blake ahli matematika dari Australia, Jarl van Eycke programer dari Belgia dan David Oranchak ahli kriptologi 'zodiac' dari Amerika. 

Berikut isi pesan dari kode yang berhasil dipecahkan:

Saya harap Anda bersenang-senang saat mencoba menangkap saya. Bukan saya yang ada di acara TV, yang mengangkat satu hal tentang saya. Saya tidak takut dengan kamar gas. Karena itu akan mengirim saya ke surga lebih cepat, karena saya sekarang memiliki cukup budak untuk bekerja untuk saya. Dimana setiap orang tidak memiliki apa-apa saat mencapai surga sehingga mereka takut mati. Saya tidak takut karena saya tahu bahwa kehidupan baru saya akan mudah di surga.

Melansir dari Reuters, David Oranchak menguggah hasil temuan dengan kedua rekannya di YouTube. Hasil temuanya telah diterima dan dikonfirmasi oleh FBI, pada hari Jumat dan penyelidikan masih dilakukan oleh FBI.

"FBI mengetahui bahwa sandi yang dikaitkan dengan Zodiac Killer baru-baru ini dipecahkan oleh warga negara. Zodiac Killer meneror banyak komunitas di California Utara, dan meskipun beberapa dekade telah berlalu, kami terus mencari keadilan bagi para korban kejahatan brutal ini." kata FBI dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter.

Sebelumnya pada tahun 1969, seorang guru dri Salinas, California, bersama istrinya berhasil memecahkan salah satu sandi yang memiliki arti:

Saya suka membunuh karena itu sangat menyenangkan.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Zodiac Killer, Pembunuh Berantai Paling Misterius

2. Masih ada sandi yang belum terungkap

https://www.youtube.com/embed/-1oQLPRE21o

Melansir dari ABC News, Samuel Blake telah mengontak David Oranchak sejak awal tahun 2020, Oranchak merupakan ahli kriptologi 'Zodiac' dan dia telah mencoba memecahkan sandi tersebut selama 15 tahun. Pemecahan sandi dibantu program yang dibuat Jarl van Eycke yaitu program azdecrypt. 

Blake adalah peneliti tamu di University of Melbourne, ia menjelasan bahwa pemecahan dibantu superkomputer dari universitas, Spartan, yang memecahkan sandi setelah memproses 650.000 solusi lain yang memungkinkan. Akhirnya solusi yang megeluarkan pesan yang menyertakan frase "GAS CHAMBER" terungkap.

Masih melansir dari ABC News, Blake menceritakan di media sosial mengenai sandi yang berhasil dipecahkan bersama kedua rekannya.

"Setelah 50 tahun penelitian aktif, sandi ini akhirnya terpecahkan. Kami sekarang memahami mengapa sandi ini bertahan begitu lama. Arah pembacaan melalui sandi sangat tidak jelas, sehingga satu-satunya cara dapat ditemukan adalah dengan pencarian besar-besaran melalui banyak kandidat menggunakan perangkat lunak canggih yang secara efisien dapat memecahkan sandi substitusi homofonik. Tidak hanya kami cukup beruntung menemukan jarum di tumpukan jerami, tetapi kami cukup beruntung dalam memilih tumpukan jerami yang tepat untuk mulai menemukan jarum itu."

Namun semua kode dari pesan yang dibuat oleh Zodiac Killer masih belum terpecahkan semuanya masih ada dua sandi pendek yang belum terungkap, satu dengan 13 simbol dan satunya lagi dengan 32 simbol. Zodiac Killer telah memberitahu bahwa dalam sandi yang dia buat terdapat nama aslinya.

3. Zodiac Killer mengklaim telah membunuh 37 orang

Kode Zodiac Killer dari 51 Tahun Lalu Berhasil DipecahkanIlustrasi Pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Melansir dari Daily Mail, Zodiac Killer yang melakukan pembunuhan berantai di kota San Fransisco, California Utara mengklaim dia telah membunuh 37 orang, namun polisi menyebutkan dia telah membunuh lima orang dan menyerang dua orang lainnya.

Aksi pertama Zodiac Killer terjadi pada 20 Desember tahun 1968, dia membunuh sepasang kekasih yaitu David Arthur Faraday ,17, dan Betty Lou Jensen, 16, keduanya mati dengan cara ditembak.

Pada 6 Juli 1969 dilakukan serangan kedua, menurut polisi, yang menewaskan Darlene Elizabeth Ferrin, 22, dan korban lainnya Michael Renault Mageau, 19, berhasil selamat dengan luka tembak di muka, leher dan dada.

Pada 27 September 1969 kembali terjadi serangan korbannya adalah Bryan Calvin Hartnell, 20, dan Cecelia Ann Shepard, 22, mereka didekati pria berkerudung yang diyakini sebagai Zodiac killer yang mengikat dan menikam mereka. Serangan tersebut membuat Shepard tewas, sementara Hartnell berhasil selamat dan mengalami delapan luka tusukan di punggungnya.

Lalu pada 11 Oktober 1969, dia dianggap bertanggung jawab atas penembakan pengemudi taksi yang tewas, Paul Lee Stine, 29.

Kisah kejahatan Zodiac Killer telah menginspirasi pembuatan buku dan film. Film yang terinpirasi adalah Dirty Harry tahun 1971 yang dibintangi Clint Eastwood dan Zodiac tahun 2007 dengan Robert Downey Jr.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Zodiac Killer, Pembunuh Berantai Paling Misterius

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya