Pantai Timur AS Berada dalam Peringatan Badai Henri

Badai diperkirakan akan menyebabkan banjir

New York, IDN Times - Wilayah Pantai Timur Amerika Serikat (AS) pada hari Sabtu (21/8/2021) telah mendapatkan peringatan badai Henri dari National Hurricane Center (NHC). Badai Henri yang membawa angin kuat diperkirakan akan tiba pada hari Minggu melanda Long Island, New York, atau di bagian selatan New England.

Presiden Joe Biden dilaporkan telah melakukan pembicaraan dengan pemimpin negara bagian di wilayah Pantai Timur untuk membahas persiapan menghadapi badai.

1. 42 juta orang telah diberikan peringatan badai

Pantai Timur AS Berada dalam Peringatan Badai HenriIlustrasi Angin Topan (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir dari BBC, peringatan badai Henri dikeluarkan kepada sekitar 6 juta orang yang di dekat pantai di wilayah Long Island, Connecticut, dan Massachusetts. Peringatan badai tropis diberikan kepada lebih dari 36 juta orang yang bermukim di bagian selatan New England, termasuk New Jersey dan New York. Beberapa wilayah diperkirakan akan dihantam badai dengan kecepatan 120km/jam.

Ancaman badai membuat Gubernur New York, Andrew Cuomo menyatakan keadaan darurat untuk Long Island dan New York City serta wilayah lain di negara bagian itu, dia meminta warga untuk memahami peringatan badai dengan serius. Negara bagian Massachusetts pada hari Jumat mengumumkan pantai dan taman akan ditutup mulai hari Sabtu hingga Senin.

Beberapa wilayah di Long Island dan Groton, Connecticut, memerintahkan evakuasi. Wilayah lainnya juga telah menyiapkan petugas untuk melakukan evakuasi atau menolong mereka yang mungkin akan terkena dampak bahaya badai.

Peringatan lainnya telah dikeluarkan yaitu mengenai kemungkinan listrik padam, yang disampaikan perusahaan energi Eversource pada hari Sabtu mengatakan bahwa kemungkinan 50 hingga 69 persen pelanggan di Connecticut akan mengalami pemadaman dan pemulihan akan memakan waktu hingga tiga minggu.

2. Ada ancaman banjir

Pantai Timur AS Berada dalam Peringatan Badai HenriIlustrasi banjir. (Unsplash.com/Chris Gallagher)

Melansir dari CNN, wilayah Pantai Timur AS agak jarang diterpa badai. Peristiwa badai terakhir di Long Island terakhir pada 1985, saat badai Gloria menerpa. Di New England terakhir kali dilanda badai pada 1991, saat badai Bob menghantam. Pada 2012 New Jersey dihantam badai Sandy yang menghancurkan.

Badai yang datang ini akan disertai hujan deras yang diperkirakan akan menyebabkan beberapa wilayah mengalami banjir. Orang-orang yang bermukim di daerah berpotensi banjir di New York diperingatkan Gubernur Cuomo untuk pindah ke tempat yang aman sekarang.

"Jika kamu tahu kamu berada di daerah yang berpotensi banjir tolong pindah dari daerah itu sekarang. Jika kamu harus pergi ke tempat yang lebih tinggi, itu harus hari ini," kata Cuomo pada hari Sabtu dalam jumpa pers yang disiarkan televisi.

Lebih dari 35 juta orang di seluruh Pantai Timur berada dalam pemantauan berpotensi terdampak banjir. NHC memperingatkan hujan lebat bisa menyebabkan banjir bandang di wilayah perkotaaan. Pusat Perkiraan Cuaca memantau bahwa ada risiko sedang tingkat 3 dari 4 bagi wilayah curah hujan berlebihan di bagian barat Connecticut dan Massachusetts, New York selatan Pennsylvania timur laut, dan New Jersey utara.

Baca Juga: Usai Diterpa Badai Eta Nikaragua Dihantam Badai Iota 

3. Toko-toko dipadati pembeli yang ingin memasok kebutuhanToko-toko dipadati pembeli yang ingin memasok kebutuhan

Pantai Timur AS Berada dalam Peringatan Badai HenriIlustrasi warga yang memadati supermarket untuk membeli persediaan. (Unsplash.com/John Cameron)

Melansir dari Reuters, ancaman badai yang menerpa membuat warga di Pantai Timur beramai-ramai mengunjungi toko-toko terdekat untuk memasok kebutuhan sehari-hari. Di supermarket IGA, rak-rak yang berisi tisu toilet, handuk kertas, dan perlengkapan lainnya telah kosong. Toko-toko juga dilaporkan kehabisan senter.

Di Balsam Farm Stand terjadi antrean panjang, yang dipenuhi pembeli yang berusaha membeli kebutuhan mereka seperti tomat, zucchini organik, telur ayam, dan keju mozzarella buatan tangan. Antrean panjang juga dilaporkan terjadi di pom bensin.

Pada Sabtu pagi dearah Hampton Amagansett, New York, di supermarket, toko perangkat keras, dan toko minuman keras dipenuhi pengunjung. Daerah itu banyak dihuni artis Hollywood dan orang kaya.

Penjualan pompa air, senter, dan generator sangat diminati di Newport, Rhode Island, yang merupakan daerah komunitas berlayar pesisir yang terdiri dari 25 ribu orang.Pantai Timur AS Berada dalam Peringatan Badai Henri

Baca Juga: Setelah Badai Eta, Amerika Tengah Terancam Diamuk Badai Lagi 

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya