Comscore Tracker

Pendaki Skotlandia Tewas saat Mendaki Gunung K2

Dua pendaki lain berhasil selamat #IDNTimesNews

Islamabad, IDN Times - Rick Allen, seorang pendaki gunung senior dari Skotlandia, tewas saat mencoba rute baru dalam pendakian gunung K2. Gunung yang terletak di Pakistan Utara itu memiliki puncak gunung tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 8.611 meter.

Sekretaris Alpine Club of Pakistan Karrar Haidri menyampaikan bahwa Allen meninggal karena terperangkap longsoran salju, pada hari Senin (26/7/2021).

1. Mendaki untuk mengumpulkan dana untuk amal

Dilansir dari DW, tubuh Allen yang sudah tak bernyawa ditemukan pada Minggu malam (25/7/2021). Dua rekan Allen yang juga terjebak longsoran salju berhasil selamat. Allen bersama rekannya mendaki gunung K2 melalui rute baru dari sisi tenggara selama akhir pekan.

Pendakian itu dalam rangka ekspedisi untuk mengumpulkan dana untuk badan amal yang berbasis di Inggris, Partners Relief & Development. Allen merupakan anggota dewan dari organisasi tersebut. Badan amal itu mengumpulkan dana untuk kesejahteraan anak-anak.

2. Allen akan dimakamkan di kaki Gunung K2

Pendaki Skotlandia Tewas saat Mendaki Gunung K2Potret Gunung K2 di Pegunungan Karakoram, Pakistan. (twitter.com/Alpine Adventure Guides)

Dilansir BBC, jasad Allen dilaporkan akan dimakamkan di kaki Gunung K2. Pendaki asal Skotlandia itu sebelumnya pernah diduga tewas pada 2018 setelah jatuh dari tebing es selama pendakian solo ke puncak Broad Peak di Pakistan, yang masih merupakan salah satu puncak di Pegunungan Karakoram.

Namun, saat itu ransel milik Allen berhasil ditemukan. Kemudian, sebuah pesawat tak berawak digunakan untuk mencari dan membantu memandu tim penyelamat ke lokasinya. Allen pun ditemukan dan berhasil selamat.

3. Pendaki gunung yang tewas di Pakistan pada 2021

Pendaki Skotlandia Tewas saat Mendaki Gunung K2Kim Hong Bin, seorang pendaki asal Korea Selatan yang hilang pada Juli 2021, karena terjatuh saat mendaki Gunung Broad Peak. (twitter.com/ Alpine Adventure Guides)

Dilansir Associaeted Press, Pakistan adalah rumah bagi beberapa puncak gunung tertinggi. Pendaki dari seluruh dunia berbondong-bondong untuk mengunjungi. Salah satu pegunungan yang terkenal adalah Pegunungan Karakoram, tempat Gunung K2 berada.

Pekan lalu, seorang pendaki terkenal dari Korea Selatan Kim Hong Bin, jatuh ke dalam jurang dan hilang dalam cuaca buruk setelah mendaki Broad Peak setinggi 8.047 meter. Sebuah operasi penyelamatan dikerahkan untuk mencoba dan menemukannya telah ditunda karena cuaca buruk.

Pada awal tahun ini, tiga pendaki gunung yaitu Ali Sadpara dari Pakistan, Jon Snorri dari Islandia, dan Juan Pablo Mohr dari Chili, meninggal ketika mencoba untuk mencapai puncak K2. Jenazah ketiganya tidak dapat dilacak dan diambil meskipun beberapa upaya oleh tim pencarian dan penyelamatan Pakistan telah dibantu oleh militer.

Aktivitas mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menantang. Apalagi jika yang dituju adalah pegunungan dengan rute dan cuaca yang ekstrem. Tetap berhati-hati ya, buat kamu yang punya hobi mendaki gunung! 

 

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung, Tertarik Bro?

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya