Polisi di London Tembak Pria yang Bawa Senjata

Polisi telah meluncurkan investigasi

Jakarta, IDN Times - Petugas polisi di London menembak seorang pria pada Jumat (5/8/2022), setelah menerima laporan tentang pria itu membawa senjata api. Tembakan polisi tidak membahayakan nyawa pria tersebut dan dia telah dibawa ke rumah sakit.

Kejadian itu terjadi di jembatan Creek Road, Greenwich, sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Terkait insiden tersebut polisi telah meluncurkan penyelidikan.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik London, Kota dengan Julukan 'The Smoke'

1. Tidak ada ancaman terhadap masyarakat

Polisi di London Tembak Pria yang Bawa SenjataIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir The Independent, kepolisian dalam pernyataannya menyampaikan bahwa mereka berada di lokasi kejadian setelah menerima banyak laporan dari panggilan darurat 999 mengenai seorang pria bersenjata dan adanya suara tembakan.

"Petugas senjata api datang ke tempat kejadian. Pria itu berada. Polisi melepaskan sebuah tembakan dan pria itu mengalami luka tembak."

Polisi menyampaikan saat ini tidak ancaman terhadap masyarakat.

"Penyelidikan masih tahap awal. Saat ini tampaknya tidak ada ancaman berkelanjutan bagi masyarakat luas. Direktorat Standar Profesional telah diberi tahu."

Juru bicara Kantor Independen untuk Perilaku Polisi (IOPC) menyampaikan bahwa telah mengirim penyelidik ke tempat kejadian untuk menyelidiki insiden tersebut.

Baca Juga: Inflasi Inggris Tembus 13 Persen, BOE Kerek Suku Bunga

2. Pria tersebut telah dibawa ambulans ke pusat trauma utama

Polisi di London Tembak Pria yang Bawa SenjataIlustrasi mobil ambulans. (Unsplash.com/Ian Taylor)

Layanan Ambulans London telah mengonfirmasi bahwa dipanggil pada pukul 14:42 ke Creek Road untuk memberikan perawatan terkait penembakan.

"Kami mengirim sejumlah sumber daya termasuk kru ambulans, paramedis tingkat lanjut, paramedis sepeda motor, seorang medis di mobil respon cepat dan petugas tanggap insiden, dan kami juga mengirim petugas medis dari Ambulans Udara London. Kami merawat seorang pria di tempat kejadian dan membawanya sebagai prioritas ke pusat trauma utama," kata juru bicara layanan ambulans.

Polisi menyampaikan bahwa selain pria itu tidak orang lain yang terluka dalam insiden tersebut dan sedang menunggu kabar terbaru mengenai kondisinya.

Saat ini penjagaan telah diperketat di antara Greenwich Town Center dan Deptford. Jembatan di Creek Road ditutup dan A200 telah ditutup dan orang-orang diminta untuk menghindari daerah tersebut.

Baca Juga: Eks Menkeu Inggris, Rishi Sunak Siap Maju Jadi PM Inggris

3. Keterangan saksi

Melansir BBC, Clare Thomas, seorang saksi mata menerangkan bahwa dia berada di dalam mobil yang terjebak kemacetan ketika di melihat seorang pria membawa sesuatu yang tampak seperti pistol.

"Dia memiliki selotip di tangannya dan pistol itu ada di tangan kirinya. Itu tampak seperti senjata semi-otomatis 9mm atau pistol jenis Glock. Saya akan mengatakan dia berusia 30-an hingga 40-an. Dia mengenakan baju bewarna merah."

Gemma Daly, 31, saksi lainnya menyampaikan bahwa dia mendengar beberapa teriakan dan kemudian "ledakan besar", yang dia yakini sebagai suara tembakan. Daly menyampaikan setelah suara tembakan terdengar, dia kemudian melihat seorang terluka dan polisi berada di dekatnya.

"Polisi sedang menjaga seorang pria di sisi jembatan. Mereka melepaskan pakaiannya," kata Daly, yang menambahkan bahwa banyak orang merawat pria itu sebelum dia ditandu.

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya