Seorang Peselancar Tewas Diserang Hiu di Pantai California

Diperkirakan meninggal akibat gigitan hiu putih besar

Jakarta, IDN Times - Seorang pria berusia 31 tahun dilaporkan tewas pada hari Sabtu (26/12/2021) di sebuah pantai di kota Morro Bay, California, Amerika Serikat (AS). Pria itu dilaporkan meninggal akibat serangan hiu saat sedang berselancar. Serangan hiu itu diperkirakan sebagai serangan pertama di tahun ini di AS yang menewaskan orang.

1. Luka mirip dengan gigitan hiu putih

Seorang Peselancar Tewas Diserang Hiu di Pantai CaliforniaPotret hiu. (Unsplash.com/Alex Steyn)

Melansir dari CNN, kematian pria tersebut telah dikonfirmasi oleh Departemen Pelabuhan Morro Bay, dalam suatu pernyataan mengatakan pihak berwenang telah menanggapi laporan mengenai adanya seorang laki-laki yang tidak sadarkan diri berada di pantai setelah terbawa oleh air dan diserang hiu.

Direktur Pelabuhan Eric Endersby menerangkan bahwa pihak berwenang menemukan tubuh peselancar itu pada pukul 10:48 waktu setempat di lepas pantai Morro Bay State Park. Laki-laki itu telah dinyatakan tewas di tempat.

Morro Bay diketahui berjarak sekitar 40,2 km di sebelah barat San Luis Obispo. Kantor koroner di wilayah San Luis Obispo telah melakukan pemeriksaan dan telah berhasil mengindentifikasi pria tersebut dan sedang berusaha mengabarkan kepada kerabat terdekat korban.

Berdasarkan keterangan Endersby hasil pemeriksaan petugas koroner menemukan luka gigitan di tubuh pria itu yang tampak seperti luka akibat gigitan hiu putih besar.

2. Cuaca dan angin dianggap tidak ideal untuk berselancar

Seorang Peselancar Tewas Diserang Hiu di Pantai CaliforniaIlustrasi orang yang sedang berselancar. (Unsplash.com/Jeremy Bishop)

Karena adanya orang tewas akibat digigit hiu, pihak berwenang dilaporkan telah menutup sementara beberapa pantai di San Luis Obispo dan beberapa pantai lainnya yang masih buka telah melarang pengunjung untuk masuk ke air selama 24 jam ke depan.

Melansir dari The Hill, Endersby mengatakan cuaca dan angin pada hari itu tidak ideal untuk berselancar, sehingga tidak banyak yang berselancar. Dia mengatakan orang-orang pada hari itu tampaknya lebih memilih menikmati pemandangan daripada masuk ke air.

Endersby memberitahu bahwa kemunculan anjing laut dan banyak aktivitas burung di air merupakan pertanda adanya keberadaan hiu, dia menyarankan agar segera keluar dari air jika ada tanda tersebut. Menurutnya serangan hiu kepada manusia kebanyakan merupakan kasus hiu salah mengenali mangsa.

Menanggapi serangan tersebut Endersby mengatakan situasinya itu mengerikan dan bisa terjadi kapan saja, pejabat pelabuhan ini juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Hiu Lentera Kerdil, Spesies Hiu Terkecil di Dunia

3. Serangan hiu yang menewaskan orang sebelumnya terjadi pada 2003

Seorang Peselancar Tewas Diserang Hiu di Pantai CaliforniaPotret hiu. (Unsplash.com/Marcelo Cidrack)

Melansir dari The Guardian, serangan hiu yang menewaskan orang terakhir kali terjadi di wilayah tersebut pada Agustus 2003, ketika seorang wanita berusia 50 tahun diserang saat dia berenang dengan anjing laut, yang merupakan mangsa favorit hiu putih.

Pada 2019 di wilayah itu juga terjadi serangan hiu kepada manusia. Korban serangan itu adalah seorang siswa bernama Nick Wapner, yang diserang oleh hiu putih besar di Montana de Oro. Serangan lain juga terjadi di pantai yang sama empat tahun sebelumnya ketika seorang pria ditabrak oleh hiu.

Pria yang ditemukan pada hari Sabtu tampaknya merupakan korban pertama yang tewas akibat serangan hiu di AS pada tahun ini. Pekiraan itu berdasarkan data yang dikelola oleh Global Shark Attack File, sebuah kelompok yang menyimpan informasi tentang serangan hiu terhadap manusia.

Sementara menurut International Shark Attack File ada tiga orang yang meninggal akibat gigitan hiu sepanjang tahun lalu.

Baca Juga: Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergaji

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya