Tentara Somalia Rebut Kembali 2 Desa dan Bunuh 105 Teroris Al-Shabab

Milisi lokal ikut membantu tentara Somalia

Jakarta, IDN Times - Tentara Nasional Somalia, pada Senin (19/9/2022), mengumumkan bahwa mereka selama akhir pekan kemarin telah melancarkan serangan terbaru terhadap Al-Shabab di wilayah Hiran tengah, dan berhasil menewaskan 105 teroris.

Dalam serangan itu, pasukan Somalia berhasil merebut kembali dua desa di Hiran yang dikuasai Al-Shabab selama lebih dari dua dekade.

1. Sekitar 75 pasukan Al-Shabab terbunuh di Yasooman dan 30 lainnya di sekitar Aborey

Tentara Somalia Rebut Kembali 2 Desa dan Bunuh 105 Teroris Al-ShababIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Komandan senior pasukan Somalia di Hiran, mengatakan kepadaVOA bahwa baku tembak sengit terjadi antara militer dan Al-Shabab sejak Sabtu pagi, utamanya di desa Aborey dan Yasooman. Dalam serangan itu, militer berhasil menewaskan 75 gerilyawan Al-Shabab di Yasooman dan 30 lainnya di sekitar Aborey.

Melansir The Star, Kepala Tentara Nasional Somalia, Odowa Yusuf Rage, mengatakan bahwa militer telah menewaskan 75 militan Al-Shabab di Yasooman selama akhir pekan.

Rage menyampaikan, operasi itu juga berhasil menangkap puluhan anggota Al-Shabab dan menyita peralatan dan senjata.

"Tentara mengorbankan hidup, kenyamanan, dan ikatan keluarga mereka untuk membebaskan negara kita," katanya.

Media pemerintah telah menunjukkan puluhan mayat militan, senjata, dan amunisi militer setelah pertempuran.

Baca Juga: Pasukan Elit Somalia Bunuh 2 Anggota Senior Al-Shabab

2. Operasi militer melawan teroris dibantu milisi lokal

Tentara Somalia Rebut Kembali 2 Desa dan Bunuh 105 Teroris Al-ShababIlustrasi teroris. (Pixabay.com/TheDigitalWay)

Pemerintah pada Minggu mengatakan, beberapa serangan militer baru-baru ini telah menewaskan 200 pejuang Al-Shabab dan berhasil merebut kembali 30 desa yang dikuasai kelompok teroris itu.

Malik Abdalla, anggota parlemen federal Somalia dari Hiran, melaporkan bahwa dalam pertempuaran di Hiran pasukan pemerintah dibantu okeh milisi lokal yang dikenal sebagai Macawisley. Dia menyampaikan penduduk desa sudah muak dengan Al-Shabab.

Milisi lokal mampu menewaskan sedikitnya 45 pejuang Al-Shabab dan memenggal beberapa dari mereka

Abdalla juga menyampaikan, alasan warga di Hiran atau orang-orang di wilayah ini berperang adalah karena mereka sudah tidak tahan dengan kesulitan yang mereka hadapi akibat ulah Al-Shabab.

Anggota perlemen itu juga menyampaikan, penduduk telah berusaha bertahan hidup setelah Al-Shabab meledakkan sumur air mereka dan membakar desa. 

3. Al-Shabab menyatakan siap berperang dengan Somalia

Tentara Somalia Rebut Kembali 2 Desa dan Bunuh 105 Teroris Al-ShababIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Presiden Hassan Sheikh Mohamud telah mengumumkan bahwa pemerintahannya akan melancarkan perang total melawan Al-Shabab. Pernyataan itu dilontarkan setelah kelompok itu menyerang sebuah hotel di ibu kota Mogadishu pada bulan lalu, yang menewaskan lebih dari 20 orang dan melukai sedikitnya 100 lainnya.

Mengenai klaim pemerintah Somalia, Al-Shabab belum memberikan tanggapan. Namun, melalui video yang dirilis pada Minggu malam, juru bicara Al-Shabaab Mohamoud Rage mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memerangi pasukan Somalia.

Rage memperingatkan agar warga Mogadishu untuk menjauh dari hotel yang sering dikunjungi oleh pejabat pemerintah Somalia.

Baca Juga: Presiden Somalia Pecat Pemimpin Mogadishu dan Banaadir

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya