Comscore Tracker

Volume Air di Waduk Tebesar AS Turun ke Rekor Terendah

Danau Mead menyediakan pasokan air dan listrik

Arizona, IDN Times - Danau Mead merupakan waduk dengan volume air terbesar di AS, yang dibuat di Sungai Colorado di sepanjang perbatasan Arizona-Nevada, ketika Bendungan Hoover dibangun pada awal 1930-an. Volume air di Danau Mead pada hari Kamis (10\6\2021), waktu setempat, telah mengalami penurunan air terendah sejak danau itu dibuat. 

Penurunan air memicu kekhawatiran karena danau itu merupakan pasokan air untuk jutaan orang di Arizona, Nevada, California, dan sebagian di negara tetangga, Meksiko.

1. Volume air akan terus menurun hingga November

Volume Air di Waduk Tebesar AS Turun ke Rekor TerendahVolume air di Danau Mead akan terus menurun hingga November (potret Danau Mead di Nevada). (Unsplash.com/Sami Hoobs)

Dilansir BBC, penurunan air di Danau Mead telah membuat warga khawatir, yang disampaikan oleh Patti Aaron, juru bicara Biro Reklamasi AS. Menurut perkiraan volume air akan terus berkurang hingga November, kemudian baru akan mulai naik lagi. 

Danau Mead diciptakan oleh Bendungan Hoover pada 1930-an. Proyek tersebut melibatkan 
Ribuan orang dalam rekayasa besar-besaran selama depresi hebat, dengan lebih dari 100 di antaranya kehilangan nyawa.

Tingkat air telah menurun sejak tahun 2000. Kekeringan semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir, dengan para ilmuwan mengatakan perubahan iklim memperburuk situasi. Kekeringan selama berminggu-minggu telah mencengkeram beberapa negara bagian di barat daya.

Dilansir NBC News, pada hari Kamis Biro Reklamasi AS mengkonfirmasi bahwa permukaan air waduk mencapai ketinggian terendah yang pernah tercatat sejak waduk diisi air pada 1937, saat ini volume air berada di ketinggian 1.071,53 kaki (326,6 meter) di atas permukaan laut. Kapasitas Danau Mead dianggap "penuh" ketika garis air mencapai ketinggian 1.221,4 kaki (372 meter) di atas permukaan laut. Pada ketinggiannya saat ini, kapasitas Danau Mead kira-kira 36 persen.

2. Ada rencana deklarasi kekurangan air

Volume Air di Waduk Tebesar AS Turun ke Rekor TerendahArea Rekreasi Nasional Danau Mead di Boulder City, Nevada. (Unsplash.com/Nick Fewings)

Baca Juga: Mekkah sampai Nevada, 7 Area Ini Tidak Dilintasi Pesawat, Kenapa?

Dilansir NBC News, menurut Monitor Kekeringan AS penurunan air di waduk tersebut membuat 75 persen dari AS bagian barat mengalami kekeringan "parah", dengan hampir 55 persen wilayah tersebut diklasifikasikan dalam kondisi kekeringan "ekstrim".

Dengan kekeringan yang terus melanda AS bagian barat akan mempengaruhi Danau Mead dan Bendungan Hoover yang menyediakan pasokan air dan listrik penting ke negara bagian barat daya. Para pejabat memantau dengan cermat situasi untuk menentukan apakah negara bagian perlu menerapkan langkah-langkah konservasi air tambahan.

"Pada bulan Agustus, kami akan membuat keputusan apakah akan menyatakan kekurangan di cekungan bawah," kata Aaron, juru bicara Biro Reklamasi AS, dia menambahkan bahwa deklarasi seperti itu mungkin terjadi. Itu untuk tahun 2022. Itu berarti pengiriman air ke Arizona, Nevada, dan Republik Meksiko akan berkurang."

3. 1 dari 10 orang AS bergantung pada Sungai Colorado

Volume Air di Waduk Tebesar AS Turun ke Rekor TerendahPotret Sungai Colorado di Horseshoe Bend, Page, Arizona. (Unsplash.com/Omer Salom)

Dilansir The Guardian, penurunan volume air di Danau Mead akan mempengaruhi Sungai Colorado karena waduk terbesar AS itu berada di batang utama Sungai Colorado di Mojave di sepanjang perbatasan Arizona-Nevada. Kekeringan yang terus-menerus telah menyebabkan sistem Sungai Colorado menurun hingga setengah kapasitasnya, menurut Departemen Dalam Negeri AS, yang juga melaporkan bahwa cekungan tersebut memiliki aliran masuk terendah selama periode 16 tahun dalam catatan 100 tahun yang telah disimpan.

Sungan Colorado sangat penting bagi kehidupan warga AS, saat ini diperkirakan satu dari 10 orang Amerika bergantung pada Sungai Colorado untuk sebagian air mereka dan lembah itu juga menyediakan irigasi untuk lebih dari 5,5 juta hektar di barat daya AS. Dua puluh dua suku yang diakui bergantung pada sungai tersebut sebagai sumber daya ekonomi dan budaya yang vital.

Jeffrey Kightlinger, manajer umum Distrik Air Metropolitan California selatan dalam sebuah pernyataan menanggapi penurunan air di waduk itu, dia mengatakan.

"Dalam 10 tahun terakhir limpasan Sungai Colorado telah menjadi yang terkering dalam sejarah sungai, memperburuk kekeringan yang berlangsung lebih dari dua dekade. Kondisi yang kita lihat tahun ini menyoroti ancaman perubahan iklim dan tren pengeringan yang kita lihat di sungai. “Kita harus terus bekerja secara kolaboratif saat kita memulai diskusi jangka panjang tentang bagaimana mengatasi ketidakseimbangan pasokan sungai.”

Kekeringan yang terjadi telah membuat Las Vegas baru-baru ini mengumumkan melarang "rumput tidak berguna" di sekitar jalan, kantor, dan pembangunan perumahan dalam upaya menghemat air, yang merupakan kota pertama di AS yang menerapkan kebijakan tersebut. Steve Sisolak, Gubernur Nevada, mengutip "cincin bak mandi" di Danau Mead sebagai tanda yang mengerikan untuk bertindak, dia menyampaikan sudah menjadi kewajiban warga untuk lebih sadar akan konservasi dan sumber daya alam.

Gubernur Utah, Spencer Cox, bahkan telah meminta semua orang di negara bagian itu untuk berdoa memohon hujan.

Baca Juga: 9 Fakta Danau Maninjau, Danau Kaldera di Sumatra Barat

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya