Wali Kota Paris Terpilih Sebagai Capres Partai Sosialis

Hidalgo menjabat sebagai wali kota paris sejak 2014

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Paris, Anne Hidalgo pada hari Kamis (14/10/2021) terpilih sebagai calon presiden untuk Partai Sosialis dalam pemilu tahun depan. Partai Sosialis menobatkan Hidalgo sebagai kandidat setelah anggota partai melakukan pemungutan suara pada Kamis malam. Wali kota Paris ini mengumumkan rencanannya untuk ikut dalam pemilu presiden pada bulan lalu.

1. Dipilih oleh lebih dari 72 persen anggota Partai Sosialis

Wali Kota Paris Terpilih Sebagai Capres Partai SosialisWali Kota Paris, Anne Hidalgo. (Twitter.com/Anne Hidalgo)

Melansir dari RFI, sekretaris pertama Partai Sosialis Olivier Faure mengatakan Hidalgo terpilih setelah memenangkan lebih dari 72 persen suara anggota partai, dengan lebih dari 90 persen dari total suara dihitung. Pemimpin ibu kota Prancis ini berhasil mengalahkan Stephane Le Foll, yang pernah menjadi menteri pertanian.

Hidalgo setelah terpilih menyampikan dia menempatkan isu-isu lingkungan dan sosial sebagai fokus utamanya. Dia menyampaikan keinginannya untuk menurunkan pajak bahan bakar dan meningkatkan daya beli.

Perempuan berusia 62 tahun ini telah menjabat sebagai wali kota Paris sejak 2014, terpilih kembali dalam pemilu tahun lalu, dia telah menghadapi berbagai serangan teror, kebakaran besar di katedral Notre-Dame, dan peristiwa besar lainnya di Paris.

Dia dikenal sebagai pejabat yang memperjuangkan penanganan perubahan iklim. Salah satu tindakan Hidalgo yang akan diingat warga Paris adalah perubahan signifikan yang dilakukan untuk membatasi kendaraan bermotor di beberapa bagian Paris. Wali kota ini telah menggandakan jalur sepeda di Paris Sejak 2015 dan juga telah menerapkan batas kecepatan 30 kilometer per jam di seluruh kota.

Hidalgo telah menghadapi kritik atas manajemen keuangannya yang buruk di kota Paris, hutang ibu kota Prancis itu telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak dia menjabat.

2. Pencalonan diharapkan dapat meningkatkan popularitas Partai Sosialis

Wali Kota Paris Terpilih Sebagai Capres Partai SosialisWali Kota Paris, Anne Hidalgo. (Twitter.com/Anne Hidalgo)

Melansir dari Euro News, tantangan yang dihadapi Hidalgo dalam pencalonannya adalah saat ini dia hanya dipandangang sebagai politisi di wilayah Paris, yang berarti perlu meningkatkan popularitasnnya agar lebih dikenal di seluruh Prancis. Tantangan lainnya adalah untuk meningkatkan popularitas Partai Sosialis.

Partai yang mengusung Hidalgo ini telah kehilangan popularitasnya setelah anggota partai, yaitu Francois Hollande menjabat sebagai presiden pada 2012 hingga 2017. Penurunan dukungan ini dipandang karena serangkaian kebijakan Hollande semasa menjabat, dia dikritik keras untuk kebijakan reformasi sistem pensiun, yang memicu protes selama berminggu-minggu di Prancis.

Turunnya dukungan untuk Hollande membuat dia tidak mencalonkan diri dalam pemilu 2017, menjadi presiden Prancis pertama yang tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Baca Juga: 20 Pelaku Serangan Teror di Paris 2015 akan Diadili

3. Hasil survei menunjukkan Hidalgo masih kalah bersaing

Melansir dari DW, terpilihnya Hidalgo sebagai calon presiden membuatnya menjadi wanita kedua yang ikut serta dalam pemilu tahun depan. Kandidat lainnya adalah Marine Le Pen pimpinan partai oposisi sayap kanan Reli Nasional, yang dianggap bersama Presiden Macron sebagai kandidat terdepan, Macron belum mengkonfirmasi pencalonnanya, tapi diperkirakan akan mencari periode selanjutnya.

Dukungan untuk Hidalgo saat ini di masih rendah dalam survei terbaru yang dirilis hari Kamis menunjukkan dia tertinggal jauh dalam perlombaan. Hasil survei menunjukkan hanya 4-7 persen pemilih yang akan memilihnya.

Banyak anggota Partai Hijau, yang juga juga berhaluan kiri, berharap Hidalgo tidak akan maju dan memberikan dukungan untuk kandidat mereka, Yannick Jadot, untuk menghindari perpecahan suara sayap kiri.

Namun, Hidalgo tampaknya tidak akan membatalkan niatnya untuk mencalonkan diri. Manajer kampanyenya Johanna Rolland menyampaikan Hidalgo telah bertekad untuk maju.

Baca Juga: 20 Pelaku Serangan Teror di Paris 2015 akan Diadili

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya