Comscore Tracker

Wanita Meksiko Ini Tewas Dibakar, Diduga karena Punya Anak Autis

Para pelaku belum tertangkap

Jakarta, IDN Times - Luz Raquel Padilla, wanita berusia 35 tahun di Meksiko, meninggal pada Selasa (19/7/2022) akibat luka bakar yang dideritanya. Tiga hari sebelumnya, ia sempat dibakar di sebuah taman. 

Padilla sebelumnya telah mendapat ancaman pembunuhan dan telah melaporkan ancaman itu kepada pihak berwenang.

1. Ada empat orang yang terlibat dalam penyerangan

Wanita Meksiko Ini Tewas Dibakar, Diduga karena Punya Anak AutisIlustrasi kekerasan terhadap perempuan. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Melansir BBC, Padilla meninggal setelah tiga hari dirawat di rumah sakit. Adapun pembakaran terjadi pada 16 Juli. Dia disiram alkolhol di sebuah taman di kota Zapopan, yang kemudian dibakar. Akibat kekerasan itu Padilla mengalami luka bakar di tubuhnya hingga mencapai 90 persen.

Menurut saksi mata, serangan itu dilakukan oleh empat orang, terdiri dari tiga pria dan seorang wanita. Semuanya sampai saat ini belum berhasil ditangkap pihak berwenang.

Kasus pembunuhan ini sedang diselidiki sebagai kemungkinan femisida, pembunuhan terhadap seseorang hanya karena dia merupakan wanita. Meksiko mengalami lonjakan jumlah kasus pembunuhan terhadap perempuan dalam beberapa tahun terakhir, pada tahun lalu ada 1.004 kasus.

Baca Juga: Suami Bunuh Istri dan Sembunyikan Mayat di Septic Tank selama 37 Tahun

2. Ancaman pembunuhan

Kasus pembunuhan ini memicu kemarahan publik Meksiko, karena serangan yang brutal dan korban telah mengalami ancaman pembunuhan. Ancaman itu dikaitkan dengan tetangganya yang keberatan dengan suara dari putranya yang berumur 11 tahun dan memiliki autisme. 

Kondisi putranya itu membuat Padilla berperan aktif di YoCuido Mexico, sebuah organisasi untuk keluarga yang merawat penyandang disabilitas.

Terkait ancaman yang diterima, Padilla telah membagikannya di Twitter. Dalam salah satu unggahannya pada bulan Mei, dia menunjukkan foto-foto pesan ancaman yang ditulis di dinding gedung tempat tinggalnya.

Salah satu ancaman berbunyi, "aku akan membakarmu hidup-hidup", dan yang lain bertuliskan "Kamu akan mati, lesbian".

"Berapa lama lagi saya harus hidup dalam ketakutan, takut bahwa sesuatu akan terjadi pada saya dan keluarga saya, sementara penyerang saya terus berkeliaran di kota dengan kemungkinan melakukan lebih banyak bahaya," tulisnya di Twitter.

Padilla di Twitter juga memberitahu, pada 17 Mei tetangganya telah menyerangnya dengan pemutih dan bahwa dia menerima ancaman kekerasan setiap hari darinya.

3. Korban sebelumnya juga mengalami kekerasan rumah tangga

Wanita Meksiko Ini Tewas Dibakar, Diduga karena Punya Anak AutisIlustrasi kekerasan terhadap perempuan. (Pexels.com/Alex Green)

Terkait ancaman tersebut, pihak berwenang telah meluncurkan penyelidikan dan mengklaim telah memberinya tindakan perlindungan. Tapi menurut YoCuido Mexico laporan mengenai ancaman itu ditolak.

"Kami menuntut klarifikasi dan hukuman bagi mereka yang bertanggung jawab atas tindakan keji dan hukuman bagi mereka. Dia seharusnya tidak mati. Femisidanya adalah kejahatan negara dan impunitas pemerintah Jalisco. Dia bukan hanya seorang ibu, dia adalah seorang aktivis yang peduli, menuntut dan melakukan apa yang pemerintah tolak," kata organisasi itu dalam pernyataannya, dikutip dari The Mirror.

Pihak berwenang menyampaikan, tetangga Padilla yang melakukan ancaman telah datang ke kantor polisi atas kemauannya sendiri. Tapi saat ini tidak ada bukti dia bersalah dalam pemnunuhan tersebut, dan para saksi tidak mengidentifikasi tetangga itu sebagai salah satu dari empat orang yang menyerang Padilla.

Ada laporan bahwa Padilla juga pernah menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga dan salah satu pelaku merupakan mantan pasangannya, tapi sumber yang dekat dengan Padilla yakin serangan itu dilakukan oleh tetangga yang tidak menyukai suara yang ditimbulkan putranya.

Baca Juga: Anjing Pelacak Berhasil Tangkap Salah Satu Raja Narkoba Meksiko

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya