Warga Prancis Protes agar Pembunuh Wanita Yahudi Dihukum

Tidak dihukum karena berada dalam pengaruh ganja

Paris, IDN Times - Protes terjadi di berbagai kota Prancis pada Minggu (25/04/2021), unjuk rasa itu menentang putusan pengadilan kepada Kobili Traore, yang tidak dihukum karena membunuh Lucie Attal atau yang lebih dikenal sebagai Sarah Halimi, seorang wanita Yahudi berusia 65 tahun yang dibunuh tiga tahun lalu.

Selain protes di Prancis, unjuk rasa juga terjadi di Roma, Tel Aviv, London, Los Angeles, Miami, dan New York. Para komunitas Yahudi sangat kecewa dengan keputusan pengadilan dan menyampaikan bahwa Prancis tidak aman untuk orang Yahudi.

1. Pembunuh menderita episode psikotik

Dilansir The Guardian, keputusan pengadilan kasasi yang terjadi 12 hari sebelum protes di hari Minggu telah memicu kemarahan di antara keluarga Halimi dan masyarakat luas. Keluarga Halimi menggambarkan keputusan itu sebagai "ketidakadilan", saudara perempuannya Esther Lekover mengumumkan setelah keputusan pengadilan bahwa dia akan membawa kasus hukum terpisah di Israel, tempat dia tinggal.

Peristiwa pembunuhan terjadi pada 4 April 2017, ketika jam 4 pagi  Traore memasuki apartemen Halimi saat dia sedang tidur. Dia dituduh memukuli Halima sambil meneriakkan "Allahu Akbar" dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an, sebelum melempar Halimi ke balkon apartemen lantai tiga. Berdasarkan keterangan tetangga kepada polisi mereka mendengar Traore berteriak telah membunuh setan yang diucapkan dari balkon Halimi.

Menurut keterangan Traore kepada penyelidik bahwa dia tahu Halimi adalah seorang Yahudi tetapi membantah tindakannya antisemit, mengatakan dia saat bertindak berada dalam episode psikotik yang dipicu oleh ganja. Butuh 10 bulan dan protes dari organisasi Yahudi bagi otoritas Prancis untuk menerima unsur antisemitisme dalam pembunuhan Halimi.

Francois Molins, jaksa penuntut umum di pengadilan kasasi, membantah bahwa sistem peradilan terlalu longgar dalam kasus Halimi. “Tentu saja sistem hukum tidak memberikan izin kepada siapa pun untuk membunuh."

Pengadilan kasasi telah mengakui bahwa pembunuhan itu sebagai kejahatan antisemit, tapi menyampaikan bahwa Traore tidak dapat diadili karena tindakannya berada dalam pengaruh ganja yang berat, yang berarti dia tidak waras pada saat itu. Menurut lima dari tujuh ahli psikiatri yang memeriksanya, Traore berada dalam kondisi delusi saat  membunuh Halimi. Saat ini Traore berada di rumah sakit jiwa.

Baca Juga: Biden Klaim AS dan Rusia Kerja Sama Perangi Krisis Iklim

2.  Pejabat Prancis ingin adanya perubahan hukum

Dilansir DW, keputusan pengadilan telah ditentang para pejabat Prancis. Presiden Emmanuel Macron memberikan dukungan kepada korban, dia menyerukan perlunya perubahan hukum.

"Memutuskan untuk menggunakan narkotika dan kemudian 'menjadi gila' seharusnya, tidak menurut saya, menghilangkan tanggung jawab kriminal Anda, '' kata Macron kepada surat kabar Prancis.

Diplomat Prancis Michel Barnier, yang baru-baru ini menjabat sebagai negosiator utama UE dalam pembicaraan Brexit, menyampaikan melalui Twitter bahewa perlunya tindakan kolektif dalan memerangi anti-Semitisme dalam segala bentuknya dan setiap saat, dia juga mengunggah gambar Halimi.

Pada hari Minggu, Menteri Kehakiman Eric Dupond-Moretti menyampaikan melalui Twitter bahwa dia akan mengajukan RUU untuk "mengisi kekosongan hukum" yang diungkapkan oleh kasus Halimi, menggambarkannya sebagai "kisah tragis."

Pengacara keluarga korban mengatakan mereka akan membawa kasus ini ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa.

3. Protes kelompok Yahudi

Al Jazeera melansir, selain di Prancis protes juga terjadi di AS, Inggris, Italia, dan Israel. Di Israel, yang merupakan negara Yahudi protes dilakukan ratusan orang, yang berkumpul di luar kedutaan Prancis di Tel Aviv. Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Prancis dan Israel serta plakat dengan slogan seperti "Malu pada Prancis".

Anggota parlemen Israel dari seluruh spektrum politik hadir, dengan Menteri Diaspora Omer Yankelevitch menyebut keputusan pengadilan "tidak masuk akal, memalukan dan berbahaya".

"Dari Tel Aviv ke Paris, orang-orang Yahudi, di Israel dan seluruh dunia, berdiri dalam solidaritas dengan keluarga Halimi dan komunitas Yahudi di Prancis," kata Yankelevitch.

Berbagai kelompok Yahudi menentang putusan pengadilan dan menyampaikan bahwa hasil sidang telah membuat orang Yahudi kurang aman di Prancis.

Keturunan Yahudi di Prancis telah berulang kali menjadi sasaran kekerasan dalam beberapa tahun terakhir, pada 2015, seorang pria yang diidentifikasi sebagai simpatisan ISIS menembak mati empat orang di supermarket Yahudi di Paris. Lalu pada 2021, ketika seorang pria bersenjata menembak mati tiga anak dan seorang guru di sebuah sekolah Yahudi di kota selatan Toulouse.

Baca Juga: Dukung Penyetopan Kekerasan di Myanmar, Australia Suntik ASEAN $5 Juta

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya