Cegah COVID-19, Mulai Hari Ini Vietnam Berlakukan Social Distancing

Berlangsung hingga 15 hari ke depan

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc memerintahkan warganya untuk melakukan isolasi diri secara nasional, dan melakukan social distancing atau jaga jarak sosial mulai hari ini, Rabu (1/4), hingga 15 hari mendatang.

"Seluruh warga harus tetap tinggal di rumah dan hanya diperbolehkan pergi ke luar untuk mencukupi kebutuhan seperti makanan, obat-obatan, layanan medis mendesak atau untuk pergi bekerja di perusahaan yang telah diizinkan oleh pemerintah agar tetap buka," kata Nguyen Xuan Phuc, seperti dikutip dari The Straits Times.

Baca Juga: WHO: Lockdown Bukan Satu-Satunya Solusi Tangani Virus Corona!

1. Pemerintah larang adanya pertemuan yang melibatkan lebih dari 2 orang

Cegah COVID-19, Mulai Hari Ini Vietnam Berlakukan Social DistancingIDN Times/istimewa

Pemerintah Vietnam juga melarang pertemuan yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari dua orang dalam sebuah area publik, kecuali di sekolah, rumah sakit, maupun di sebuah tempat kerja. Semua warga diperintahkan harus menjaga jarak setidaknya dua meter antara satu sama lain.

Virus corona dapat menular dari manusia ke manusia lain, maupun dari benda-benda yang biasa digunakan oleh orang banyak di area publik. Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga jarak sosial dan lebih memperhatikan kebersihan.

3. Pemerintah meminta transportasi umum dan perjalanan antar provinsi ditangguhkan sementara waktu

Cegah COVID-19, Mulai Hari Ini Vietnam Berlakukan Social DistancingPenumpang KRL Senin (23/3). (Dok. Instagram @jktinfo/@rocky_margiano)

Untuk menghindari warga bepergian keluar rumah, pemerintah meminta agar transportasi umum dan angkutan perjalanan antar provinsi ditangguhkan sementara waktu

"Perdana Menteri Vietnam juga memerintahkan Kementerian Transportasi dan otoritas lokal setempat untuk menangguhkan transportasi umum dan membatasi perjalanan antar provinsi," ujar Nguyen Xuan Phuc.

Perjalanan dari daerah yang rentan terkena virus menuju ke kota-kota dan provinsi lain akan dilarang, kecuali untuk alasan yang penting, seperti pengiriman makanan atau pengangkutan pekerja dan bahan-bahan untuk produksi.

3. Perdana Menteri pastikan ketersediaan makanan dan kebutuhan warga tercukupi

Cegah COVID-19, Mulai Hari Ini Vietnam Berlakukan Social DistancingANTARA/Evarianus Supar

Nguyen Xuan Phuc juga mengarahkan Kementerian Pertahanan untuk memperluas pusat karantina, serta meminta Kementerian Perdagangan dan pihak yang berwenang setempat untuk dapat menjaga persediaan makanan dan barang-barang penting yang dibutuhkan penduduk.

Pemerintah telah mengarahkan para pengusaha di seluruh negeri, baik itu pemilik restoran hingga pemilik pusat kebugaran, untuk menutup dan membatasi penerbangan internasional dan domestik. 

Hingga saat ini, Vietnam telah mengonfirmasi 204 kasus virus corona, dengan 55 orang di antaranya berhasil sembuh.

 

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya