Separuh California Diprediksi Bakal Kena COVID-19, Warga Stay at Home

Beberapa negara bagian lain juga diminta stay at home

Jakarta, IDN Times - Gubernur California Gavin Newsom mengeluarkan perintah untuk berdiam diri di rumah (stay at home) kepada warganya guna meminimalisasi penyebaran wabah virus corona jenis baru, COVID-19. Hal ini dilakukan menyusul hasil riset yang memprediksi ancaman virus itu akan menulari lebih dari separuh warga California. 

"Upaya stay at home di seluruh negara bagian itu dilakukan demi mengarahkan penduduk agar masyarakat meninggalkan rumah mereka jika memang diperlukan saja, selama pandemi virus corona," ujar Newsom.

Selain California, pemerintah sejumlah negara bagian juga telah meminta warganya untuk dapat mengurangi kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran wabah virus corona yang kini semakin mengganas.

1. 56 persen warga California diprediksi akan terjangkit virus corona

Separuh California Diprediksi Bakal Kena COVID-19, Warga Stay at HomeJudul utama tabloid di sebuah toko bahan makanan Ralphs di Encinitas, California, Amerika Serikat, pada 12 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Blake

Newsom mengatakan bahwa riset melalui pemodelan telah menunjukkan bahwa 56 persen penduduk California diperkirakan akan tertular penyakit COVID-19 selama delapan minggu ke depan.

Oleh karenanya, Newsom menyebutkan bahwa California membutuhkan sebanyak hampir 20 ribu tempat tidur rumah sakit, untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pasien akibat COVID-19.

"20 ribu tempat tidur rumah sakit perlu disiapkan untuk pasien virus corona yang diprediksi akan menyerang 56 persen penduduk California," kata Newsom.

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin Virus Corona Mulai Diujicobakan di Amerika Serikat!

2. Gubernur California meminta Trump kirimkan kapal RS milik angkatan laut AS

Separuh California Diprediksi Bakal Kena COVID-19, Warga Stay at HomePresiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan penjelasan pada penyuluhan singkat dengan anggota Satuan Tugas COVID-19 di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, pada 14 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Yuri Gripas

Selain memperkirakan jumlah penduduk California yang akan terjangkit virus corona, Newson juga telah mengirimkan permintaan bantuan kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Newsom meminta Trump mengirimkan sebuah kapal rumah sakit Angkatan Laut AS ke pelabuhan Los Angeles.

"Semoga Presiden Trump dapat segera mengirimkan kapal tersebut. Sebab, negara akan bersiap untuk menyikapi lonjakan jumlah kasus virus corona," tambahnya.

3. Warga Los Angeles juga diminta untuk melakukam stay at home

Separuh California Diprediksi Bakal Kena COVID-19, Warga Stay at HomeSejumlah mobil berbaris saat warga menunggu untuk melakukan tes COVID-19 di tempat pengujian lantatur (drive-thru) di Denver, Colorado, Amerika Serikat, pada 14 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Drone Base

Seperti yang dilansir Straitstimes, Newson mengatakan bahwa Los Angeles sebagai kota terbesar kedua di negara tersebut yang kemungkinan akan terkena dampak yang tidak proporsional dari pandemi virus corona dalam beberapa minggu mendatang.

Dalam surat terpisah yang dikirim ke para pemimpin kongres AS, Newson meminta tambahan dana federal untuk asuransi pengangguran dan program jaring pengaman sosial dan bantuan untuk usaha kecil, sekolah dan universitas.

Wali Kota Eric Garcetti sudah meminta penduduk Los Angeles untuk dapat melakukan stay at home. 

"Saya mengeluarkan perintah darurat Safer at Home - memerintahkan semua penghuni @LACity untuk tetap di dalam rumah mereka dan segera membatasi semua gerakan yang tidak penting," Ungkap Eric melalui tweet-nya Kamis (19/3).

"Kami mengambil tindakan mendesak ini untuk membatasi penyebaran Covid-19 dan menyelamatkan nyawa," tambahnya.

Baca Juga: Minyak Mentah Jatuh Usai Donald Trump Batasi Perjalanan karena Corona

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya