Comscore Tracker

Dekati Kemenangan, Joe Biden Dapat Pengamanan Setara Presiden AS

Pengamanan Biden setara dengan pengamanan Presiden AS

Jakarta, IDN Times - Pasukan Pengamanan Presiden Amerika Serikat memperketat pengamanan Joe Biden setelah calon presiden dari Partai Demokrat itu di ambang batas kemenangan setelah memimpin dengan selisih 6.737 suara dari Trump.

Menurut laporan The Washington Post pada Jumat (6/11/2020), Paspampres menambah personelnya di markas besar kampanye Biden di Wilmington Delaware.

1. Pengamanan Biden setara dengan pengamanan Presiden AS

Dekati Kemenangan, Joe Biden Dapat Pengamanan Setara Presiden ASCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Meski belum secara sah menjadi orang nomor satu di AS, pasukan pengamanan tambahan yang mengawal Biden setara dengan pengamanan untuk Presiden AS.

Terkait hal tersebut, Juru bicara Paspampres AS Catherine Milhoan membantah kenyataan. Ia juga tidak menjelaskan secara terbuka tentang perencanaan keamanan untuk presiden atau kandidat presiden.

Baca Juga: Pidato di Gedung Putih, Trump Klaim Suaranya Dipangkas secara 'Ajaib'

2. Tambahan personel Paspampres AS biasanya dilakukan menjelang pengumuman kemenangan

Dekati Kemenangan, Joe Biden Dapat Pengamanan Setara Presiden ASPresiden Amerika Serikat Donald Trump dan calon presiden dari Demokrat Joe Biden berpartisipasi dalam debat kampanye kepresidenan Amerika Serikat 2020 terakhir di Curb Event Center di Belmont University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Kamis (22/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Lusinan personel Paspampres telah melakukan pengamanan untuk kampanye Biden di pusat konvensi Riverfront di Wilmington ketika negara-negara bagian di medan pertempuran utama sedang mengerjakan penghitungan jutaan surat suara dalam pemilihan sejak Selasa (3/11/2020).

Penambahan personel Paspampres AS tersebut biasanya dilakukan untuk meningkatkan perlindungan presiden terpilih yang bersifat segera, setelah orang tersebut dinyatakan sebagai pemenang dengan menugaskan sejumlah agen tambahan kepada presiden yang terpilih.

Peningkatan perlindungan itu terjadi hingga larut malam pemilu setelah salah satu kandidat unggul dan memberikan pidato kemenangan.

3. Joe Biden unggul tipis dari Trump

Dekati Kemenangan, Joe Biden Dapat Pengamanan Setara Presiden ASCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden melambaikan tangan kepada wartawan sebelum masuk ke pesawat kampanye menjelang perjalanan menuju North Carolina, di Bandara Newscastle di Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner)

Sebelumnya, Joe Biden telah mengungguli lawannya dari Partai Republik, Donald Trump, dalam perolehan suara sementara di Pennsylvania per Jumat pagi waktu setempat atau Jumat malam WIB dengan jumlah suara yang telah dihitung mencapai 95 persen.

Biden memimpin dengan selisih 6.737 suara dari Trump, menurut data Edison Research, lembaga penelitian dan penyedia data pemilu AS, sebagaimana dikutip dari Reuters. Sementara itu proses penghitungan suara masih terus berlangsung di negara bagian tersebut.

Secara persentase, keduanya mendapat perolehan suara yang berbeda tipis, Biden dengan 49,4 persen dan Trump 49,3 persen.

Baca Juga: Hasil Sementara Pilpres AS: Biden 264, Trump 214 Suara

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya