Raja Malaysia Minta PM Baru Ajukan Mosi Percaya ke Parlemen   

Umno menydorkan nama Ismail Sabri sebagai PM baru

Jakarta, IDN Times - Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah mengatakan perdana menteri baru yang ditunjuk harus mengajukan mosi percaya kepada parlemen sesegera mungkin.

"Yang Mulia mengatakan bahwa perdana menteri yang telah ditunjuk oleh agong berdasarkan pasal 40 (2) (a) dan 43 (2) (a) Konstitusi Federal harus sesegera mungkin mengajukan mosi percaya pada parlemen untuk melegitimasinya mendapatkan kepercayaan dari mayoritas," ujar juru bicara Istana Negara, Ahmad Fadil Syamsuddin dikutip ANTARA, Rabu (18/8/2021).

Raja Malaysia mengatakan sebagai kepala negara pihaknya akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi tanggung jawab seorang raja konstitusi berdasarkan seluruh konstitusi dan ‘rule of law’.

Baca Juga: Muhyiddin Mundur, Ini 4 Calon Kandidat Terkuat untuk PM Malaysia

1. Anggota parlemen diminta fokus pada isu-isu terkini

Raja Malaysia Minta PM Baru Ajukan Mosi Percaya ke Parlemen   Pihak oposisi Malaysia menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, dalam gerakan protesnya pada hari Senin, 2 Agustus 2021, lalu. (Twitter.com/suetmei)

Sebelumnya, Yang di-Pertuan Agong dan wakilnya Sultan Perak Sultan Nazrin Muizzuddin Syah Sultan Azlan telah mengadakan pertemuan dengan pimpinan partai politik yang berlangsung kemarin.

Sultan Abdullah berpandangan bahwa para anggota parlemen dapat bersatu untuk bekerja sama mewujudkan persatuan semua partai politik dengan memusatkan perhatian pada isu-isu terkini dan menjernihkan kekisruhan yang terjadi.

2. Raja Malaysia berharap gejolak politik yang terjadi dapat mereda

Raja Malaysia Minta PM Baru Ajukan Mosi Percaya ke Parlemen   Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah ketika gelar rapat dengan Perdana Menteri (www.thestar.com.my)

Ahmad Fadil mengatakan Raja Malaysia menekankan bahwa semua gejolak dan kekacauan politik telah berdampak negatif yang mendalam terhadap perekonomian negara, kesejahteraan dan keamanan rakyat.

"Yang Mulia juga mengingatkan para pimpinan dan perwakilan partai politik besar untuk menyelaraskan suasana. Anggota parlemen yang menang harus mengulurkan tangan untuk bekerja dengan yang tidak berhasil dan semua pihak harus siap bekerja dalam tim," katanya.

Baca Juga: Mundur Sebagai PM Malaysia, Muhyiddin: Saya Korban Politikus Serakah

3. Umno menydorkan nama Ismail Sabri sebagai PM baru

Raja Malaysia Minta PM Baru Ajukan Mosi Percaya ke Parlemen   Anggota Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan Partai Islam Se-Malaysia (PAS) berkumpul pada Ummah Unity Gathering di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 14 September 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng

Sementara itu Sekjen Umno, Ahmad Maslan, melalui cuitannya di twitter mengatakan Umno hanya mengantarkan satu nama calon sebagai perdana menteri yakni Ismail Sabri.

Ismail Sabri sebelumnya merupakan wakil Perdana Menteri era Muhyiddin Yassin merangkap Menteri Pertahanan.

Baca Juga: Menghadap Raja Malaysia, PM Muhyiddin Yassin Akan Mengundurkan Diri 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya