Tornado Menyapu Sejumlah Wilayah AS, 21 Orang Dilaporkan Tewas

Tornado muncul di Little Rock pada Sabtu

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 21 orang tewas akibat tornado yang menyapu sejumlah kawasan di Amerika Serikat, pada Sabtu (1/4/2023).

Dilansir The Guardian, tujuh orang tewas di Tennessee dan kematian lainnya akibat tornado dilaporkan terjadi di Alabama, Illinois, Mississippi, Little Rock, dan Arkansas. Wali Kota setempat mengatakan, lebih dari 2.000 bangunan berada di jalur tornado.

Baca Juga: Tornado Terjang Oklahoma AS, Puluhan Ribu Rumah Mati Lampu 

1. Emat orang tewas di Arkansas

Tornado Menyapu Sejumlah Wilayah AS, 21 Orang Dilaporkan TewasLittle Rock, Arkansas (unsplash.com/Artina Blackmon)

Tiga korban tewas juga dilaporkan di Indiana yang berada di daerah dekat Sullivan, sebuah kota yang berjarak sekitar 95 mil berkendara ke barat daya Indianapolis.

Di daerah Madison, Alabama, satu orang tewas dan lima lainnya luka-luka.

Empat orang juga dilaporkan meninggal dunia di Arkansas, tepatnya di kota kecil Wynne. Korban tewas karena terperangkap di puing-puing bangunan yang disapu tornado.

“Sekitar 50 mil sebelah barat Memphis, Tennessee mengalami kerusakan yang meluas akibat tornado,” kata Gubernur negara bagian, Sarah Huckabee Sanders.

2. Atap Teater Apollo runtuh dan menimpa korban

Tornado Menyapu Sejumlah Wilayah AS, 21 Orang Dilaporkan Tewasilustrasi tornado (unsplash.com/Nikolas Noonan)

Di daerah Pontotoc Mississippi, satu orang  dilaporkan tewas dan empat lainnya luka-luka.

Satu orang juga tewas di Kota Belvidere, sekitar 70 mil barat laut Chicago. Sedangkan 40 orang lainnya luka-luka, termasuk dua dengan luka yang mengancam jiwa setelah atap Teater Apollo runtuh saat terjadi tornado di sana.

Kepala departemen pemadam kebakaran Belvidere Shawn Schadle mengatakan, 260 orang berada di tempat kejadian pada saat itu.

Baca Juga: Tornado Besar Terjang Kentucky, 100 Orang Dilaporkan Tewas

3. Tornado menyapu Little Rock

Tornado Menyapu Sejumlah Wilayah AS, 21 Orang Dilaporkan TewasUnsplash/Nikolas Noonan

Tornado Little Rock menghantam bagian barat kota dan menghancurkan pusat perbelanjaan. Tornado kemudian menyeberangi sungai Arkansas ke Little Rock utara dan kota-kota sekitarnya.

Pejabat Baptist Health Medical Center-Little Rock mengatakan kepada KATV pada sore hari, bahwa 21 orang telah dirawat dengan luka akibat tornado, termasuk lima dalam kondisi kritis.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya