Comscore Tracker

Jack Ma Tergeser, Siapa Orang Terkaya se-Asia?

Mukesh Ambani berasal dari India

India, IDN Times - Asia punya orang terkaya baru. Sebelumnya, posisi puncak orang paling kaya itu diduduki pendiri Alibaba Group Holding Ltd, Jack Ma. 

Dia adalah Mukesh Ambani. Pengusaha asal India itu berhasil menggeser Jack Ma dari urutan pertama orang terkaya di Asia.

Siapakah Mukesh Ambani? 

1. Kekayaan Mukesh Ambani lebih dari Rp638 triliun

Dilaporkan Bloomberg's Billionaires Index, kekayaan pengusaha 61 tahun itu mencapai US$44,3 miliar. Jika dirupiahkan dengan menggunakan kurs hari ini (16/7), kekayaan Mukesh Ambani itu lebih dari Rp638 triliun!

2. Sumber pundi-pundi Mukesh Ambani

Jack Ma Tergeser, Siapa Orang Terkaya se-Asia?Pixabay/Nattanan23

Masih dari situs India Today, kekayaan Ambani meroket setelah saham perusahaan miliknya, Reliance Industries Ltd melonjak 1,6% pada Jumat (13/7). Di tahun 2018 saja, perusahaan itu menambah US$4 miliar pundi kekayaan Mukesh Ambani.

Dilansir dari Bloomberg, sumber utama pundi-pundi Ambani memang berasal dari Reliance Industries, perusahaan terbesar kedua di India dan menguasai bisnis petrokimia di sana. 

Dia juga menerima dividen, gaji, tunjangan sebagai direktur, serta memiliki saham di Reliance Industrial Infrastructure Ltd. Selain itu, dia juga berinvestasi di beberapa bidang, termasuk pipa gas. 

3. Kekayaan Jack Ma berkurang

Jack Ma Tergeser, Siapa Orang Terkaya se-Asia?Pixabay/3dman_eu

Tahun ini, kekayaan Jack Ma memang berkurang sekitar US$1,4 miliar. Bloomberg's Billionaires Index pun mencatat bahwa kekayaan Jack Ma "hanya" US$44 miliar pada penutupan perdagangan di Amerika Serikat per Kamis (12/7). 

Selisih kekayaan Mukesh Ambani dan Jack Ma memang tipis ya.

4. Penerus "kerajaan" bisnis Mukesh Ambani

Jack Ma Tergeser, Siapa Orang Terkaya se-Asia?Pixabay/mohamed_hassan

Mukesh memiliki tiga anak. Dua kembar Isha dan Akash yang berusia 26 tahun dan adik mereka, Anant. 

Isha dan Akash sudah dikenalkan ke dunia bisnis dan memegang jabatan penting di perusahaan telekom. Sementara Anant sudah diajak ikut rapat-rapat dan acara perusahaan. 

Baca juga: 11 Cara Alokasi Uang ala Miliarder, Bikin Cepat Kaya Raya Nih!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You