Comscore Tracker

Saudi: Jamal Khashoggi Tewas

Khashoggi disebut tewas setelah berkelahi di konsulat

Arab Saudi, IDN Times - Penyelidikan awal mengungkap bahwa wartawan senior Jamal Khashoggi dinyatakan tewas setelah terlibat perkelahian di Konsulat Saudi di Istanbul, demikian dilaporkan TV milik Saudi. Sejumlah pejabat teras negara itu dipecat karena kasus kematian Khashoggi. 

Dilaporkan BBC, Sabtu (20/10), sejauh ini dua pejabat yang dipecat adalah deputi kepala intelijen Saudi, Ahmad al-Assiri dan pembantu senior Putra Mahkota Mohammed Bin Salman.  

Baca Juga: Cari Jamal Khashoggi, Turki Geledah Rumah Konsulat Arab Saudi

1. Akhirnya Saudi akui, Khashoggi tewas

Saudi: Jamal Khashoggi TewasANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer

Masih dikutip dari BBC, ini kali pertama ada pengakuan dari kerajaan itu bahwa Khashoggi tewas. Sebelumnya, tak satupun pihak bisa memastikan kematian jurnalis sekaligus kolumnis Washington Post tersebut.  

Meski Khashoggi tewas setelah berkelahi, belum ada informasi detail mengenai insiden tersebut. Termasuk, dengan siapa Khashoggi berkelahi. 

Sebelumnya dilaporkan, Kepolisian Turki juga ikut menyelidiki dugaan pembunuhan wartawan asal Arab Saudi itu dengan menggeledah kantor konsulat Saudi di Istanbul dan memperluas pencarian ke hutan sekitar.

Seorang pejabat Turki yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan, kemungkinan jasad Khashoggi dibuang di kawasan hutan atau di lahan pertanian.

2. Sebanyak 18 orang ditahan

Saudi: Jamal Khashoggi TewasPixabay/Luctheo

Laporan TV Saudi melaporkan, 18 warga Saudi telah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan yang berkelanjutan. 

Raja Saudi Salman juga dilaporkan sudah memerintahkan pembentukan komite menteri. Komite itu dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Mohammed dengan tujuan untuk merestrukturisasi dinas intelijen. 

Baca Juga: 7 Wartawan Bernasib Tragis Karena Jalankan Tugas

3. Khashoggi sempat disebut sudah meninggalkan Konsulat saat kabar hilangnya wartawan itu merebak

Saudi: Jamal Khashoggi TewasANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer

Wartawan itu terakhir terlihat memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, untuk mengurus dokumen karena dia akan menikahi tunangannya Hatice Cengiz. 

Kala itu, sumber CNN  berkata bahwa pemerintah Arab Saudi akan mengklaim operasi terhadap Khashoggi dilakukan "tanpa izin atau transparansi" dan bahwa mereka yang terlibat akan dihukum.

Di saat bersamaan, Arab Saudi tidak menanggapi kabar tersebut dan tetap bersikeras bahwa Khashoggi sudah keluar dari kantor konsulat jenderal, meski mereka tak bisa membuktikan dengan rekaman kamera pengawas. 

Baca Juga: Siapa Jamal Khashoggi, Wartawan yang Diduga Dihabisi Arab Saudi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya