Agen Intelijen Rusia Dilaporkan Tewas di Depan Kedubes Rusia, Jerman

Diduga terjatuh dari atas gedung

Jakarta, IDN Times - Majalah Der Spiegel Jerman melaporkan jika Diplomat Rusia yang tewas di depan Gedung Kedutaan Besar Rusia di Kota Berlin sebagai agen intelijen Rusia.

Laporan itu disampaikan Der Spiegel, Jumat (05/11) setelah Dinas Intelijen Jerman mengonfirmasi Diplomat Rusia yang tewas pada 19 Oktober 2021 adalah perwira tinggi dari Dinas Intelijen Rusia FSB.

Melansir CNN, sebelumnya menurut investigasi yang dilakukan Der Spiegel dan Bellingcat diduga diplomat tersebut menjabat sebagai sekretaris kedua Kedutaan Besar Rusia untuk Jerman.

1. Informasi identitas masih misteri

Agen Intelijen Rusia Dilaporkan Tewas di Depan Kedubes Rusia, JermanIlustrasi Korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepolisian Jerman dan Kementerian Luar Negeri Jerman menutup rapat indentitas diplomat atau agen intelijen Rusia yang tewas tersebut. Sampai saat ini hanya informasi umur dan jenis kelamin yang tersedia, di mana diplomat itu berjenis kelamin laki-laki dan berumur  35 tahun, seperti yang dilansir dari Reuters.

Kemenlu Jerman beralasan tertutupnya informasi dalam kasus ini diperlukan guna melindungi identitas personal dan keluarga korban. Penyebab kematiannya pun ikut menjadi sebuah misteri, namun berdasarkan kesaksian Polisi Jerman ia terjatuh dari lantai atas Gedung Kedubes Rusia.

2. Pergerakan FSB di Jerman terpantau aktif

Agen Intelijen Rusia Dilaporkan Tewas di Depan Kedubes Rusia, JermanLambang Dinas Intelijen Rusia FSB. twitter.com/ZKelman

Dinas Intelijen FSB asal Rusia merupakan salah satu dinas intelijen terbaik di dunia. Pengalaman mendalam dari masa-masa Soviet ketika menyandang nama KGB membuat FSB selalu terlibat aktif dalam berbagai aksi mata-mata di berbagai negara.

Dikutip dari CNN, aksi sepak terjang FSB di Negara Jerman sendiri dalam beberapa tahun terakhir diakui sangat aktif. Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan pembunuhan Zelimkhan Khangoshvili seorang Warga Negara Georgia dalam pengasingan. 

Pada 2019, Khangoshvili ditembak mati oleh orang tidak dikenal yang diduga sebagai agen FSB di sebuah taman di Kota Berlin, Jerman. Pemerintah Jerman kemudian menuduh Rusia bertanggung jawab atas kematiannya. Khangoshvili memang diketahui menjadi target pemerintah Rusia karena keterlibatannya sebagai pejuang asing dalam Perang Chechnya.

Baca Juga: Vladimir Putin Rayakan Hari Persatuan Rakyat Rusia di Krimea, Ukraina

3. Belum ada keterangan lebih lanjut dari Kedubes Rusia

Agen Intelijen Rusia Dilaporkan Tewas di Depan Kedubes Rusia, JermanIlustrasi depan Gedung Kedutaan Besar Rusia yang menjadi TKP kematian seorang Diplomat Rusia, pada 19 Oktober 2021. twitter.com/IFENG__official

Kedutaan Besar Federasi Rusia untuk Jerman belum ada menyampaikan informasi tambahan terkait kematian "diplomat"nya. Meskipun begitu, Kedubes Rusia sudah mengeluarkan pernyataan resmi jika mereka mengakui kematian salah satu pegawainya tersebut pada 19 Oktober 2021.

Dilaporkan Reuters, Rusia menegaskan bahwa mereka tidak mengizinkan dilakukan autopsi terhadap jenazah diplomatnya. Selain itu, Kedubes Rusia juga meminta media-media barat tidak memelintir atau menyebarkan informasi hoaks terkait masalah ini.

Kedubes Rusia memastikan bahwa Moskow sudah menyiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk mempermudah proses pemulangan jenazah. Tetapi semua baru dapat dilakukan setelah mendapat lampu hijau dari otoritas medis Jerman.

Baca Juga: AS: China dan Rusia Gagal Berperan Memimpin Dunia di Perubahan Iklim

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya