Comscore Tracker

AS dan Jepang Tegaskan Kesepakatan Pertahanan Kep. Senkaku

Persekutuan yang semakin kokoh

Washington D.C., IDN Times - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, pada hari Minggu (24/01), menjelaskan jika Pemerintah AS memastikan pertahanan Kepulauan Senkaku termasuk dalam kesepakatan pakta pertahanan AS-Jepang.

Penjalasan itu disampaikan Austin ketika sedang berbicara melalui sambungan telepon bersama Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi, dikarenakan Jepang sudah lama mengkhawatirkan status keamanan dan pertahanan di Kepulauan Senkaku, seperti yang dilansi dari Nikkei Asia.  

1. Pentagon pastikan status Kepulauan Senkaku masuk Artikel 5 pakta pertahanan AS-Jepang

Kepulauan Senkaku yang merupakan salah satu pulau-pulau terluar dan tidak berpenghuni yang dimiliki Jepang, sempat dikhawatirkan statusnya sebagai wilayah yang wajib dipertahankan AS.

Dikutip dari Reuters, kekhawatiran itu akhirnya berhasil dijawab Pentagon melalui kepastian yang diberikan Menhan AS, Lloyd Austin, bahwa pertahanan di Kepulauan Senkaku termasuk dalam pakta pertahanan AS-Jepang yang tercantum pada Artikel 5 dimana mewajibkan AS untuk melindungi seluruh Wilayah Jepang.

Amerika Serikat dan Jepang juga menyetujui aksi bersama untuk menghadapi segala bentuk klaim sepihak yang mencoba mengancam kondisi status quo di Laut Asia Timur dan Laut China Selatan. 

2. Tercatat sebagai diskusi kementerian pertama antara AS dan Jepang di bawah kepemimpinan Joe Biden

AS dan Jepang Tegaskan Kesepakatan Pertahanan Kep. SenkakuMenteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, bersama Presiden AS, Joe Biden. twitter.com/LloydAustin

Lloyd Austin yang pada hari Jumat (22/01) lalu, baru saja dilantik sebagai Menteri Pertahanan AS sudah langsung mencatat perkembangan penting bagi hubungan AS-Jepang di bawah Joe Biden.

Hanya berselang dua hari setelah pelantikannya, Austin sebagai Kepala Pentagon yang baru tercatat melalui diskusinya bersama Menhan Jepang di hari Minggu (24/01), sebagai diskusi kementerian pertama Administrasi Biden dengan Negara Jepang, dilansir dari Reuters

Dengan dilantiknya Lloyd Austin sebagai orang kulit hitam pertama yang menjabat posisi Menteri Pertahanan AS, dan kinerjanya yang cepat guna mendukung sekutu AS yang sempat "diragukan" di masa Presiden Trump, secara tidak langsung menunjukkan kepedulian Presiden Biden terhadap sekutu-sekutu strategis AS. 

Baca Juga: 8 Pesawat Pembom Nuklir Tiongkok Tantang Kedaulatan Udara Taiwan

3. Klaim dan ancaman Tiongkok perkuat persekutuan AS-Jepang

AS dan Jepang Tegaskan Kesepakatan Pertahanan Kep. SenkakuBendera AS dan Jepang yang berada tepat di depan Gunung Fuji. twitter.com/DeptofDefense

Klaim sepihak yang dilayangkan Republik Rakyat Tiongkok terhadap Kepulauan Senkaku sejak tahun 1971, ternyata memberikan pondasi yang kuat dalam persekutuan bilateral antara AS-Jepang. Dilaporkan Nikkei Asia, ancaman serius yang diciptakan Tiongkok dengan klaimnya terhadap Kepulauan Senkaku atau dalam versinya sebagai, Kepulauan Diaoyu, berhasil memberikan dorongan yang siginifikan kepada AS dan Jepang sebagaimana kedua negara kembali menyetujui untuk mempererat persekutuan strategisnya.

Tidak hanya Tiongkok, baik AS dan Jepang juga mengakui jika Korea Utara ikut masuk ke dalam daftar ancaman serius yang dapat mengancam kedamaian regional, secara khusus Asia Timur. Pemerintah AS meminta Jepang untuk meningkatkan keterlibatannya dalam menjaga keamanan di Indo-Pasifik sehingga Jepang akan semakin siap apabila ancaman yang tidak diinginkan datang.

Baca Juga: COVID-19 Berlanjut, Tiongkok Bangun Pusat Karantina Hebei

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya