AS Mundur, Turki Ambil Alih Pertempuran Melawan ISIS di Suriah

Seperti diberi mandat

Istanbul, IDN Times - Pemerintah Turki melalui Presiden Recep Tayyip Erdogan, pada hari Jumat (21/12) menyampaikan bahwa Turki akan mengambil alih tanggung jawab pertempuran melawan ISIS di Suriah.

Penyerahan tanggung jawab ini terjadi akibat Amerika Serikat yang menarik 2.000 pasukannya dari Suriah setelah Trump mengumumkan kemenangan AS melawan ISIS, seperti yang dilansir dari Reuters.

1. Berusaha mengalihkan dukungan NATO terhadap kekuatan Kurdi di Suriah

AS Mundur, Turki Ambil Alih Pertempuran Melawan ISIS di SuriahARA News

Dikutip dari The National, Pemerintah Turki sudah lama melobi sekutunya di NATO untuk melepaskan dukungan mereka terhadap Kurdi di Suriah karena Turki sedang gencar menghancurkan upaya pembentukan Pemerintahan Otonomi Kurdi di daratan Turki.

Ditarik mundurnya pasukan AS yang menjadi tulang punggung bantuan pasukan Kurdi yang melawan ISIS di Suriah, telah menciptakan kondisi sempurna bagi Turki untuk melanjutkan operasi militer demi menghancurkan pemberontakan Kurdi.

Namun, Presiden Erdogan sadar bahwa target utamanya di Suriah adalah ISIS dan oleh sebab itu, untuk sementara operasi militer lanjutan terhadap daerah kekuasaan Kurdi di Utara Suriah akan dihentikan.

Baca Juga: Resmi Sudah, Rusia Teken Kontrak Misil S-400 Bersama Turki

2. Keluarnya AS membuat gesekan dapat dihindari sepenuhnya

AS Mundur, Turki Ambil Alih Pertempuran Melawan ISIS di SuriahPRI

Kehadiran militer Amerika Serikat yang terus menghalangi gerak laju operasi militer Turki sejak invasi Turki pada tahun 2017 akhirnya mendapat peluang besar menghindari gesekan yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak di Suriah, dilansir dari Reuters.

Sekitar 2.000 pasukan reguler dan khusus AS yang ditempatkan di Suriah sering kali menghambat upaya ekspansi militer Turki terhadap sekutu AS di Suriah, yaitu pasukan Kurdi.

Dengan mundurnya AS dari keterlibatan di Suriah telah membuka peluang besar bagi Turki untuk melaksanakan operasi militer dengan bebas, baik melawan ISIS maupun pemberontak Kurdi. 

3. Saling tidak yakin dengan masa depan Suriah

AS Mundur, Turki Ambil Alih Pertempuran Melawan ISIS di SuriahSputnik International

Kekuatan ISIS yang semakin lama melemah setelah digempur habis-habisan oleh Pemerintah Suriah, pemberontak Suriah, pemberontak Kurdi, Turki, AS, Iran, Rusia, dan lainnya, membuktikan bahwa kejayaan mereka tidak lama lagi akan berakhir.

Tetapi, pernyataan Presiden Donald Trump yang menyatakan bahwa ISIS sudah berhasil dikalahkan menyebabkan situasi ambigu karena sebetulnya ISIS masih memiliki kekuatan yang cukup kuat di sepotong wilayah Suriah.

Keluarnya AS dari kampanye militer di Suriah, membuat masa depan Suriah mulai bergerak menuju ke arah yang diinginkan oleh Pemerintah Suriah dengan dukungan Rusia dan Iran.

Kehadiran pasukan asing (NATO: Inggris, Prancis dan Turki), pemberontak Suriah, dan pemberontak Kurdi ditambah ISIS yang berkeliaran menjadi suatu permasalahan yang memperlama proses perdamaian.

Kemajuan atau mundurnya Suriah di masa yang akan datang hanya bisa dijawab setelah api perang benar-benar padam di tanah Suriah.

Baca Juga: Donald Trump Putuskan Tarik Kembali 2.000 Pasukan Militer di Suriah

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya