AS Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat Taiwan

Mendukung Taiwan dari ancaman RRT

Washington, IDN TIMES - Pemerintah Amerika Serikat, pada hari Selasa (05/06/2018) menyatakan sedang mempertimbangkan pengiriman kapal perangnya melewati Selat Taiwan.

Pertimbangan ini mulai dibicarakan kembali meski dapat dipastikan akan memprovokasi hubungan bersama Tiongkok setelah masalah Nuklir Korea Utara dan sengketa perdagangan, seperti yang dilansir dari Reuters.

1. Bentuk dukungan murni AS kepada Taiwan

AS Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat TaiwanAMO

Pengiriman kapal perang Amerika Serikat ke Selat Taiwan merupakan salah satu bukti aksi murni dan konkret dari AS untuk menunjukkan dukungannya kepada Taiwan. Ancaman Republik Rakyat Tiongkok yang terus mengganggu kedaulatan maupun memprovokasi Taiwan, serta militerisasi Laut Tiongkok Selatan membuat AS mulai mempertimbangkan unjuk kekuatannya di Selat Taiwan.

Menurut pejabat AS yang tidak disebutkan nama, pemerintahnya berencana mengirimkan kapal induk mereka sebanyak satu kali melewati Selat Taiwan pada tahun ini, hanya AS tidak ingin terlalu mengejar rencana itu karena dikhawatirkan akan membuat Tiongkok jengkel.

Meskipun begitu baik Pentagon dan Kementerian Pertahanan Taiwan belum mengkonfirmasi adanya upaya pelaksanaan operasi tersebut dalam waktu dekat.

2. Tiongkok peringatkan Amerika Serikat

AS Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat TaiwanDaily Times

Mendapatkan berita mengenai adanya pertimbangan pengiriman kapal perang AS ke Selat Taiwan, Kementerian Luar Negeri Tiongkok diwakilkan juru bicaranya, Hua Chunying, mendesak Pemerintah Amerika Serikat untuk berhati-hati menangani masalah Taiwan agar tidak merusak hubungan bilateral bersama RRT, dilansir dari Sputnik International.

Militer Tiongkok yang terus membuat khawatir Taiwan dengan provokasi dan latihan militernya. Membuktikan dengan jelas niat RRT untuk benar-benar tidak ingin melepaskan pengaruhnya terhadap Taiwan.

Pemerintah Taiwan sendiri akhirnya terpaksa membangun kekuatan militernya yang tidak seberapa dari Tiongkok. Tetapi tetap yakin berdiri kuat karena mendapat dukungan pertahanan penuh dari Amerika Serikat.

3. Memperburuk stabilisasi regional setelah masalah Nuklir Korea Utara dan sengketa perdagangan

AS Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat TaiwanSputnik International

Amerika Serikat dan Tiongkok sangat susah dipisahkan ketika membicarakan wilayah Asia Timur. Pengaruh kedua negara yang begitu kuat dalam konteks regional, membuat gesekan sedikit saja dapat menimbulkan masalah global. Munculnya krisis Nuklir Korea Utara dan sengketa perdangan atas tarif baru yang ditetapkan oleh kedua negara, menjadi salah satu pemicu masalah bilateral antara RRT dan Amerika Serikat.

Walaupun Tiongkok sangat mendukung bantuan AS untuk menyelesaikan masalah Nuklir Korea Utara dengan akan diadakannya pertemuan di Singapura pada tanggal 12 Juni 2018 nanti, hal itu ternyata belum cukup memoles hubungan yang masih kasar. Gesekan yang terus menguat dengan dilaksanakannya penjualan senjata dan perlindungan militer AS kepada Taiwan, serta sengketa perdagangan AS-Tiongkok, membuktikan perdamaian masih diluar agenda keduanya.

Washington pun sempat berpikir apakah mereka harus melindungi Taiwan karena perjanjiannya bersama Taipei, atau melepas tanggung jawabnya sehingga mereka tidak tertarik kedalam perang total melawan Republik Rakyat Tiongkok.

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya