Comscore Tracker

Biden vs Xi: RRT Segera Gelar Latihan Militer di Laut Cina Selatan

Laut Cina Selatan tambah memanas

Beijing, IDN Times - Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok pada hari Selasa (26/01), mengumumkan dalam waktu dekat militernya akan melaksanakan latihan militer di Laut Cina Selatan.

Keputusan ini diambil Tiongkok bertepatan setelah Beijing mengkritik kebijakan Washington yang kembali mengirim armada lautnya ke Laut Cina Selatan yang dipimpin oleh Kapal Induk USS Theodore Roosevelt, dimana hal itu dicap Tiongkok sebagai aksi yang mengancam perdamaian regional, seperti yang dilansir dari Reuters

1. Latihan dilaksanakan di Teluk Tonkin

Biden vs Xi: RRT Segera Gelar Latihan Militer di Laut Cina SelatanPeta Laut Cina Selatan. twitter.com/CarlZha

Meskipun Tiongkok belum menyebarkan informasi mengenai skala latihan militer yang akan mereka lakukan, namun salah satu kementerian di RRT sudah menyampaikan sebuah peringatan yang menunjukkan lokasi latihan. Dikutip dari AlJazeera, berdasarkan informasi yang disampaikan Kementerian Keamanan Maritim Tiongkok, terhitung dari tanggal 27-30 Januari 2021, seluruh kegiatan di perairan sekitar tepi barat Teluk Tonkin akan dihentikan dan dilarang untuk kepentingan umum guna memperlancar kegiatan latihan militer.

Bagian timur dari Teluk Tonkin sendiri berbatasan dengan salah satu negara di ASEAN, yaitu Vietnam. Jika dilihat dari sejarahnya, beberapa ahli sejarah menyebutkan Teluk Tonkin pernah menjadi salah satu lokasi utama yang menyeret Amerika Serikat untuk terlibat langsung dalam Perang Saudara Vietnam setelah kapalnya ditembak oleh kapal torpedo milik Vietnam Utara. 

2. Tantang kehadiran Kapal Induk AS

Tanpa ada penjelasan dari Beijing mengenai kegiatan latihan militer yang akan mereka lakukan, banyak yang berspekulasi jika kehadiran kapal induk AS menjadi alasan utama. Pemerintah Tiongkok yang selalu mengecam kegiatan 'Freedom of Navigation' atau kebebasan bernavigasi di Laut Cina Selatan oleh Amerika Serikat, terutama dengan keputusan AS untuk melibatkan Kapal Induk USS Theodore Roosevelt, biasanya akan langsung mendapat respon keras dari Tiongkok, dilansir dari Reuters

Menurut RRT apa yang dilakukan AS di Laut Cina Selatan hanya berusaha "unjuk taring" dan memperkeruh situasi yang genting. Sebelum keputusan latihan militer dikumandangkan, Tiongkok juga baru saja meneken udang-undang kontroversial yang mengizinkan kapal coast guard-nya untuk melepaskan tembakan terhadap kapal asing yang mereka anggap sebagai ancaman. 

Baca Juga: Laut Cina Selatan: Vietnam Harap Tiongkok Berhenti Langgar Kedaulatan

3. Ketegangan di awal tahun 2021 yang menyebar ke berbagai Wilayah Asia

Biden vs Xi: RRT Segera Gelar Latihan Militer di Laut Cina SelatanInformasi resmi yang disebarluaskan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan, pada 23 Januari 2021. twitter.com/MoNDefense

Situasi yang terus memanas antara AS-Tiongkok di awal tahun 2021, ternyata memperluas segala bentuk ketegangan di berbagai Wilayah Asia. Dilaporkan TaiwanNews, situasi panas yang terjadi diawali ketika AU Tiongkok meningkatkan intesitas jumlah pesawat militernya yang menerobos zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, dan sekarang ditambah dengan berlanjutnya ketegangan di Laut Cina Selatan sebagai lokasi perselisihan AS-Tiongkok.

Amerika Serikat yang meskipun sudah melantik presiden baru, yaitu Joe Biden, tetap melanjutkan program Presiden Trump untuk menahan ekspansi Tiongkok. RRT yang semakin besar seiring waktu berjalan dapat dipastikan tidak akan pernah membiarkan satu negara pun, terutama AS, untuk menghentikan gerak lajunya, baik secara militer ataupun ekonomi. 

Baca Juga: Menlu Kembali Tegaskan RI Tolak Klaim Tiongkok di Laut China Selatan

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya