Chuck Yeager, Pilot Pemecah Rekor Kecepatan Suara Meninggal Dunia

Keberhasilannya dikenang sepanjang masa

Washington D. C., IDN Times - Salah satu pilot paling berpengaruh yang pernah mencetak rekor kecepatan suara dari Amerika Serikat, Chuck Yeager, pada hari Senin (07/12), dikabarkan telah meninggal dunia oleh istrinya, Victoria Yeager, melalui akun Twitternya nya.

Termasuk sebagai Warga Amerika yang telah mengabdi selama Perang Dunia ke-2 berlangsung dan penguji coba pesawat bermesin roket, National Aeronautics and Space Administration (NASA) menjelaskan bahwa Amerika Serikat telah mengalami "kerugian yang luar biasa bagi bangsa kita (AS)" karena meninggalnya Yeager, seperti yang dilansir dari NBC News

1. Tutup usia di umur 97 tahun

Chuck Yeager, Pilot Pemecah Rekor Kecepatan Suara Meninggal DuniaChuck Yeager pilot legendaris dari Amerika Serikat. twitter.com/GenChuckYeager

Pilot legendaris, Chuck Yeager, sudah lama berkontribusi untuk Amerika Serikat dan dunia aviasi. Dikutip dari CNN, lahir di tahun 1923 di West Virginia, Yeager tutup usia di umurnya ke 97 sebagaimana yang telah disampaikan oleh istrinya.

Semasa hidup, Chuck Yeager sudah menekuni dunia aviasi, terutama bidang militer. Ia bergabung dengan Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1941 tepat ketika AS memasuki Perang Dunia ke-2 dan Yeager dengan semangat gigihnya memperjuangkan negaranya hingga di masa pensiun. 

2. Berhasil memecahkan rekor kecepatan suara di tahun 1947

Chuck Yeager, Pilot Pemecah Rekor Kecepatan Suara Meninggal DuniaChuck Yeager bersama pesawat bermesin roket yang diuji cobanya, Bell Bell XS-1, pada tahun 1947. twitter.com/airandspace

Alasan mengapa nama Chuck Yeager mendunia disebabkan oleh keterlibatannya sebagai salah satu pilot uji coba pertama yang memecahkan rekor dunia di dunia aviasi modern. Menggunakan pesawat Bell XS-1 bermesin roket, Yeager berhasil menguji coba pesawat itu di California hingga memecahkan rekor kecepatan suara dunia pada 14 Oktober 1947, dilansir dari NBC News.

Meskipun begitu, keberhasilannya tidak langsung diumumkan ke masyarakat luas karena uji coba itu merupakan rahasia negara. Yeager baru mendapat pengakuan setelah Pemerintah Amerika Serikat di tahun 1948, mengkonfirmasi jika Chuck Yeager merupakan pilot pertama di dunia yang sukses menembus ataupun memecahkan rekor kecepatan suara kala itu. 

Baca Juga: Federasi Pilot Seriusi Kasus Pilot Pingsan hingga Co-Pilot Bunuh Diri

3. Pilot Amerika paling legendaris 

Chuck Yeager, Pilot Pemecah Rekor Kecepatan Suara Meninggal DuniaYeager yang berpose tepat di depan pesawat tempur temutakhir AS di zamannya, F-15. twitter.com/JimBridenstine

Tidak mudah bagi Yeager agar terpilih sebagai pilot uji coba pesawat bermesin roket yang didambakan banyak pilot. Dilaporkan CNN, Yeager terpilih setelah pertimbangan khusus karena dirinya sudah memiliki jam terbang profesional, keterampilan, dan kesuksesannya sebagai pilot pesawat tempur selama Perang Dunia ke-2 dengan konfirmasi telah menembak jatuh 13 pesawat tempur Jerman, hal itulah yang memberikan ia kesempatan sebagai salah satu pilot pertama AS yang menguji coba pesawat bermesin roket.

Pengakuan dirinya membuat Yeager semakin terkenal dan terus ikut serta dalam serangkaian uji coba militer untuk membantu kepentingan Amerika Serikat. Sampai saat ini, Chuck Yeager menjadi salah satu pilot paling legendaris dan paling dihormati dalam sejarah AS maupun dunia. 

Baca Juga: Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Yogyakarta, Dua Pilot Selamat

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya