Dukung Perdamaian Yaman, Raja Salman Desak Aksi Melawan Iran

Agar perdamaian dapat tercapai

Riyadh, Arab Saudi, IDN TIMES - Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi, pada hari Senin (19/11) menyampaikan sebuah desakan kepada komunitas internasional untuk menghentikan program nuklir dan misil balistik Iran.

Ia juga mendukung proses perdamaian Yaman yang dipimpin oleh PBB, seperti yang dilansir dari Reuters.

1. Disampaikan di depan Dewan Syura

Dukung Perdamaian Yaman, Raja Salman Desak Aksi Melawan IranSaudi Gazette

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Raja Salman dalam pernyataan tahunan Raja Saudi di depan Dewan Syura yang merupakan Badan Penasihat Tertinggi Pemerintahan Arab Saudi, dikutip dari Reuters.

Kehadiran dan pernyatannya di Dewan Syura menjadi yang pertama setelah beberapa waktu lalu terjadi pembunuhan seorang jurnalis Saudi, Khashoggi, yang membuat dunia marah besar.

Raja Salman menyampaikan berbagai topik yang harus menjadi target Pemerintahan Arab Saudi seperti masalah internal, pembangunan nasional, pengaruh Iran, dan pemberantasan aksi terorisme.

Namun, Raja Salman dalam pernyataan tahunannya tidak ada menyentuh ataupun menyebutkan kasus pembunuhan Khashoggi yang sebetulnya sedang mengombang-ambing Pemerintahan Saudi.

2. Iran menjadi biang masalah

Dukung Perdamaian Yaman, Raja Salman Desak Aksi Melawan IranThe Star

Dilansir dari Saudi Gazette, Raja Salman menyebutkan bahwa aktivitas Iran di sekitar wilayah Timur Tengah, seperti di Suriah, Irak, dan Yaman, menjadi biang masalah utama yang mengancam keamanan dan stabilitas.

Iran dianggap sebagai pembuat masalah dan kehancuran di wilayah sekitar, mempengaruhi masalah internal negara lain, dan mensponsori aksi terorisme di berbagai lokasi. Sebagai salah satu negara paling berpengaruh di Timur Tengah, Arab Saudi melalui Raja Salman meminta komunitas internasional bertindak untuk menghentikan seluruh program nuklir dan misil balistik Iran yang akan membawa lebih banyak masalah.

Selain itu, Arab Saudi juga memberikan dukungan penuh dalam proses perdamaian di Yaman yang dilakukan PBB, meskipun mereka sudah terlebih dahulu menyerang Yaman menggunakan kekuatan militer demi mendukung Pemerintahan Yaman yang berdaulat melawan Pemberontak Houthi.

3. Arab Saudi digempur desakan internasional

Dukung Perdamaian Yaman, Raja Salman Desak Aksi Melawan IranFlorida Politics

Masalah Khashoggi dan perang di Yaman menjadi dua faktor utama mengapa sekarang Arab Saudi terus digempur desakan masyarakat internasional. Baik sekutu mereka sendiri seperti Amerika Serikat, semuanya terus meminta pertanggungjawaban Saudi atas masalah yang terjadi.

Walaupun Arab Saudi sudah memberikan pernyataan tentang apa yang terjadi dan bagaimana mereka akan menyelesaikannya, terutama kasus Khashoggi, banyak negara yang tidak percaya karena sebagian besar petunjuk mengarah terhadap keterlibatan keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Sedangkan masalah Yaman, hal ini masih menjadi perbincangan utama di PBB akibat serangan tiada henti dari pasukan Koalisi Saudi yang terus mencoba menghancurkan kekuatan Houthi. Pemerintahan Houthi sendiri sudah membuka peluang penyelesaian damai konflik Yaman, tinggal bagaimana Koalisi Saudi, secara khusus Arab Saudi, menginginkan cara penyelesaian perang di Yaman ini.

Baca Juga: Kian Memanas, Iran Tuduh Israel Lancarkan Serangan Siber

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya