James Bond Ternyata Ada di Dunia Nyata, Bukan Sekadar Tokoh Fiksi

James Bond benar-benar ada!

Warsaw, IDN Times - Lembaga arsip sejarah nasional Polandia, INSTYTUT PAMIĘCI NARODOWEJ, pada hari Kamis (24/09), menjelaskan jika agen rahasia terkenal dari Dinas Intelijen Inggris, Agen 007 atau James Bond, benar-benar ada dan pernah melaksanakan misinya di Polandia selama Perang Dingin.

Agen ini memegang nama panjang James Albert Bond di mana ia ditugaskan di Kedutaan Besar Inggris di Polandia pada tahun 1964. Tepat dua tahun sebelumnya, film James Bond yang pertama "Dr. No" adaptasi buku novel fiksi karangan Ian Flemming rilis dan tayang di layar lebar, seperti yang dilansir dari Reuters

1. Bekerja untuk atase militer di Kedutaan Besar Inggris di Polandia

James Bond Ternyata Ada di Dunia Nyata, Bukan Sekadar Tokoh FiksiTerlihat di nomor 12 jika James Bond bekerja di Kedutaan Besar Inggris. twitter.com/ipngovpl_eng

Jauh sebelum kedatangan James Bond ke Polandia, Dinas Intelijen Polandia sudah bersiap-siap menghadapi agen dari Inggris tersebut. Dikutip dari Reuters, dari tahun 1964-1965, James Bond ditugaskan sebagai juru arsip atase militer di Kedutaan Besar Inggris di salah satu negara satelit Uni Soviet, Polandia. 

Keberadaannya di sana bukanlah hal yang mudah dikarenakan Dinas Intelijen Polandia dari Departemen II Kementerian Dalam Negeri Polandia selalu mengawasi setiap gerak-gerik James Bond. Operasi pengintaian ketat pun dilaksanakan Polandia melalui kode "Samek" dengan tujuan khusus mengantisipasi infiltrasi maupun sabotase yang dilakukan Agen Bond tersebut. 

Baca Juga: Wajib Ditonton, 9 Film James Bond Terbaik dari Masa ke Masa

2. Diketahui berusaha menyusup ke fasilitas-fasilitas militer 

James Bond Ternyata Ada di Dunia Nyata, Bukan Sekadar Tokoh FiksiPeta Polandia. twitter.com/ukinpoland

Beberapa orang mungkin berpikir James Bond hanya seorang juru arsip biasa yang ditugaskan Pemerintah Inggris, tetapi kenyataannya tidak lah seperti yang mereka pikirkan. Menurut laporan Dinas Intelijen Polandia, James Bond diketahui beberapa kali berusaha menyusup ke fasilitas-fasilitas militer di Polandia, hanya tidak jelaskan apakah Agen Bond berhasil melaksanakan misinya, dilansir dari National Post.

Setelah satu tahun di Polandia menjalankan misi-misinya, James Bond akhirnya ditarik pulang Dinas Intelijen Inggris pada 21 Januari 1965. Kegagalan misi akibat pengawasan ketat di Polandia diakui sebagai alasan kuat mengapa Bond dengan cepat dipulangkan oleh Inggris. 

3. Terdapat persamaan dan perbedaan sifat dengan James Bond di dunia fiksi

Ada kemiripan maupun perbedaan sifat yang ditunjukkan Agen James Bond di dunia nyata ataupun fiksi. Dilaporkan Reuters, kemiripan yang paling mencolok dari kedua agen terkait adalah bahwa mereka sangat menyukai perempuan, sedangkan untuk perbedaannya, James Albert Bond suka bicara dan sangat berhati-hati, ditambah tidak ada catatan jika ia menyukai minuman fenomenal James Bond fiksi, yaitu Martini.

Fakta menarik tentang keberadaan nyata Agen James Bond di dunia spionase, dibenarkan oleh istri Bond sendiri, Janette Tacchi, ketika dirinya diwawancarai Kantor Berita Telegraph di mana ia menyebutkan jika suaminya (James Bond) merupakan seorang agen mata-mata Inggris dan mereka bertiga bersama anaknya berangkat ke Polandia pada tahun 1964. James Albert Bond tutup usia di tahun 2005 dan ia menghabiskan sisa hidupnya mengabdi untuk Militer Inggris.

Baca Juga: Rilis Teaser Pertama, 5 Fakta Film James Bond Terbaru No Time To Die

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya