Comscore Tracker

Jeff Bezos ternyata Juga Hindari Pajak Federal AS, Gimana Caranya?

Gak cuma Trump yang hindari bayar pajak

Washington D. C., IDN Times - Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sekitar 175 milyar dollar AS atau setara dengan Rp. 2.6 kuadriliun pada tahun 2020. Dengan kekayaan yang begitu fantastis, tentu Bezos sebagai Warga Negara AS memiliki kewajiban untuk membayar pajak penghasilan.

Namun, sedikit yang mengetahui jika Jeff Bezos sangat lihai dalam menghindari pembayaran pajak di AS secara legal. Tentunya, hal ini membuat orang bertanya-tanya bagaimana seorang milyarder dari Amerika Serikat tersebut dapat melakukannya.

Berikut merupakan cara andalan yang dilakukan Jeff Bezos.

1. Donasikan sebagian kekayaannya

Jeff Bezos ternyata Juga Hindari Pajak Federal AS, Gimana Caranya?Jeff Bezos orang terkaya di dunia yang ikut mempromosikan pentingnya lingkungan hidup di Paris, pada 19 September 2019. twitter.com/JeffBezos

Sebenarnya cara yang paling terlihat dari teknik penghindaran Jeff Bezos sendiri adalah dengan melakukan donasi sebagian kekayaannya. Dikutip dari CNBC dan Guardian, dalam beberapa tahun terakhi,r Jeff Bezos tercatat telah mendonasikan sebagian besar dari kekayaannya untuk kegiatan-kegiatan humaniter dan lingkungan hidup. 

Aksi tersebut merupakan kegiatan yang legal di Amerika Serikat sebagaimana hal itu teratur dalam peraturan perpajakan mereka tentang kegiatan donasi. Bagi Pemerintah Federal AS, kegiatan donasi dengan angka yang besar untuk membantu orang banyak dapat dikategorikan sebagai pengecualian atau pengurangan dalam pembayaran pajak penghasilan.

Jeff Bezos pada tahun 2018 pernah mendonasikan 2 milyar dollar AS atau Rp. 29 triliun untuk membantu perumahan-perumahan di AS, dan pada tahun 2020 ia mempersiapkan donasi sebesar 10 milyar dollar AS setara dengan Rp. 148 triliun sebagai dana bantuan khusus untuk ilmuwan, aktivis, dan LSM lingkungan hidup dengan harapan dapat ikut membantu melestarikan dan menjaga bumi. 

2. Mempelajari celah dalam peraturan Perpajakan AS

Jeff Bezos ternyata Juga Hindari Pajak Federal AS, Gimana Caranya?Ilustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain melakukan donasi, masih terdapat banyak cara bagi para jutawan ataupun milyarder di AS untuk menghindari pembayaran pajak. Tidak ada yang mengetahui pasti tindakan apa lagi yang dilakukan Jeff Bezos untuk menghindari pembayaran pajak penghasilan yang tinggi selain dengan berdonasi, namun dapat dipastikan Bezos juga melakukan apa yang dilakukan para Milyarder AS lainnya, seperti bermain saham, membentuk perseroan terbatas, mempersiapkan dana pensiun, dan lain-lain, seperti yang dilansir dari CNBC.

Hal-hal itu biasanya sering menjadi pilihan bagi orang kaya di AS untuk menghindari pembayaran penuh yang presentase rata-rata potongan pajak penghasilan mereka sebesar 36% pada tahun 2019, ataupun bisa benar-benar tidak membayar sama sekali. Maka dari itu, dengan mengetahui letak celah dalam peraturan pembayaran pajak pemasukan, orang kaya di AS dapat membayar hanya dengan potongan 23%, dimana angka tersebut jauh lebih rendah dari rata-rata pajak seluruh Masyarakat AS, yaitu 28%.

3. Trump akui kehebatan Jeff Bezos dalam menghindari pajak

Jeff Bezos ternyata Juga Hindari Pajak Federal AS, Gimana Caranya?Presiden Amerika Serikat, Donald J. Trump. twitter.com/realDonaldTrump

Siapa sangka jika Presiden Donald Trump yang baru saja terkena isu penghindaran pajak hasil investigasi New York Times, mengakui keberhasilan Jeff Bezos sebagai penghindar pajak. Dilaporkan MarketWatch, pada tahun 2019, Presiden Trump kagum akan kepintaran Bezos yang dapat menghindari pembayaran pajak, dimana ia juga mengomentari kesuksesan Amazon dalam melakukan hal yang sama. 

Donald Trump sebenarnya tidak terlalu menyukai Jeff Bezos dikarenakan Bezos merupakan pemilik kantor berita Washington Post, dimana media itu terus mengkritik kepemimpinan Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Meskipun begitu, Trump salah menilai Perusahaan Amazon yang dirinya anggap tidak membayar pajak penghasilan, karena sebenarnya perusahaan ini terbukti telah membayar sesuai dengan peraturan Federal yang berlaku.

Baca Juga: Tembus Rekor Lagi, Kekayaan Jeff Bezos Kini Hampir Rp3000 Triliun

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya