Comscore Tracker

Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pembom AS di atas Laut Hitam

Kedua negara saling lempar provokasi

Jakarta, IDN Times - Rusia membenarkan bahwa dua pesawat jet tempurnya Su-30 mencegat pesawat pembom Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam. Pernyataan itu disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Federasi Rusia pada Rabu (20/10/2021). 

Jet yang dicegat adalah dua pesawat pembom strategis B-1B Lancer dan dua pesawat pengisi bahan bakar KC-135 milik Angkatan Udara AS. 

Menurut pernyataan resmi Moskow, empat pesawat AS dikabarkan terus mendekati teritorial ruang udara Rusia di Laut Hitam, sehingga tindakan preventif harus dilakukan, dilansir Reuters

1. Pesawat AS sukses dialihkan Rusia

Selama proses pencegatan, Rusia memastikan apa yang mereka lalukan sesuai dengan hukum internasional yang berlaku. Tanpa ada penjelasan tambahan dari otoritas terkait, Kremlin hanya menyampaikan bahwa empat pesawat AS berhasil dialihkan sebelum memasuki ruang udara Rusia. 

Rusia diketahui sering melakukan pencegatan terhadap pesawat-pesawat militer Negara Barat yang mencoba mendekat ke ruang udaranya. Mereka juga tidak segan melakukan manuver berbahaya demi mendapat respons atau kepatuhan penuh pesawat militer asing, yang dianggap mengancam keamanan maupun kedaulatan Rusia.

Baca Juga: Rusia Ingin India Produksi Lebih Banyak Alutsista Rusia

2. Beriringan dengan kedatangan Menhan AS ke beberapa negara di sekitar Laut Hitam

Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pembom AS di atas Laut HitamMenteri Pertahanan Ukraina Andrii Taran (kiri) menyambut Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di Kiev, pada 19 Oktober 2021. twitter.com/AlexKhrebet

Insiden di atas Laut Hitam antara Rusia dan Amerika ternyata bersamaan dengan kedatangan salah satu orang paling penting dari Pentagon.

Melansir Stars and Stripes, ketika insiden berlangsung Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, diketahui sedang melakukan kunjungan ke beberapa negara yang berbatasan dengan Laut Hitam, antara lain Rumania, Ukraina, dan Georgia.

Kunjungan resmi yang dilakukan Austin adalah upaya yang sedang dilakukan AS guna menunjukkan komitmen Washington. Pada Kamis (21/10) Austin juga dikabarkan akan mendarat di Kota Brussels untuk menghadiri rapat kementerian pertahanan dengan negara anggota Pakta Pertahanan NATO. 

3. Kejadian serupa sempat terjadi di Laut Jepang

Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pembom AS di atas Laut HitamPesawat pembom B-1B Lancer bersama pesawat tempur Jepang F-2. twitter.com/IndoPac_Info

Perselisihan antara Amerika dan Rusia menyeret kedua negara dalam sebuah hubungan berbahaya.

Kejadian serupa sempat terjadi pada Minggu (17/10/2021), ketika pesawat pembom B-1B Lancer dicegat oleh pesawat tempur Rusia di atas Laut jepang. Sebelumnya, Rusia juga mencegat sebuah kapal parang milik AL Amerika Serikat ketika berusaha masuk ke teritorial laut Rusia di sekitar Vladivostok. 

Maraknya insiden pencegatan antara Rusia dan AS menunjukkan jika masing-masing pihak 'sengaja' saling memprovokasi satu sama lain. 

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya