Kapal Induk AS Ikut Latihan Perang Terbesar di Jepang

Latihan perang gabungan terbesar dalam sejarah Jepang

Tokyo, IDN Times - Militer Amerika Serikat, Jepang, dan Kanada, pada hari Sabtu (03/11/2018) melaksanakan latihan perang gabungan terbesar di wilayah Jepang yang melibatkan salah satu kapal induk Amerika Serikat, USS Ronald Reagan.

Operasi dwi tahunan yang dikenal dengan "Keen Sword" merupakan latihan perang gabungan rutin yang dilakukan Jepang dan Amerika Serikat untuk melatih kesiapan perang, seperti yang dilansir dari Reuters.

1. Melibatkan 1 kapal induk, kapal perang, dan 57.000 pasukan gabungan

Kapal Induk AS Ikut Latihan Perang Terbesar di JepangThe Daily Beast

Pemerintah Jepang kali ini menunjukkan keterlibatan penuh mereka dalam latihan perang gabungan dwi tahunan bersama Amerika Serikat dan Kanada.

Dikutip dari Reuters, militer Jepang mengirim beberapa kapal perang dan marinirnya dengan total mencapai 47.000 personel, dimana jumlah itu mewakili seperlima dari keseluruhan total angkatan bersenjata Jepang.

Amerika Serikat sendiri juga mengirimkan salah satu kapal induk mereka, USS Ronald Reagan, dan 8 kapal perang yang bermarkas di Jepang maupun disekitarnya.

Estimasi menunjukkan bahwa partisipasi personel Operasi Keen Sword tahun 2018 meningkat sebanyak 11.000 daripada tahun 2016.

Baca Juga: Kapal Induk Rusia Tertimpa Derek di Murmansk

2. Kanada turut berpartisipasi

Kapal Induk AS Ikut Latihan Perang Terbesar di JepangMaclean's

Terlibatnya Kanada dalam latihan perang gabungan di Jepang menjadi yang pertama dalam sejarah kooperasi militer antara Jepang-Kanada.

Kanada mengirim kapal persediaan dan kapal frigat yang berlayar bersama kapal induk AS, USS Ronald Reagan, sebelum mencapai Jepang.

Menurut Atase Pertahanan Kanada di Jepang, Kapten Hugues Canuel, partisipasi militer Kanada dalam Operasi Keen Sword merupakan bagian dari keinginan Kanada untuk memperlihatkan kehadiran militernya di Asia.

3. Jepang semakin menunjukkan taringnya

Kapal Induk AS Ikut Latihan Perang Terbesar di JepangSouth China Morning Post

Perkembangan militer Jepang dalam beberapa tahun terakhir mulai menjelaskan mengapa Jepang semakin berani menunjukkan taringnya di Asia, terutama ke arah Korea Utara dan RRT.

Pemerintah Amerika Serikat yang semakin banyak menginvestasi pertahanan Jepang untuk menghadapi ancaman Beijing maupun Pyongyang, membuat Jepang semakin kuat tahap demi tahap.

Dilansir dari Sputnik International, di awal tahun ini Jepang sudah mulai memamerkan kekuatannya melalui tur Indo-Pasifik dengan mengirim kapal terbesar yang dimiliki angkatan lautnya, yaitu kapal pengangkut helikopter, Kaga, ke beberapa negara di Asia termasuk Indonesia.

Meningkatnya kehadiran militer Tiongkok disebut-sebut juga menjadi alasan mengapa Jepang mulai memupuk pertahanan dan kesiapan tempurnya melalui latihan perang gabungan ataupun persenjataan militer yang canggih.

Baca Juga: AS Setujui Integrasi Misil Patriot ke Sistem Pertahanan Baru Jerman

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya