Comscore Tracker

Warga Michigan Heboh dengan Munculnya Kilatan Cahaya Terang

Saat itu pula terjadi gempa berkekuatan 2.0 skala Richter. Apakah itu?

Michigan, IDN Times - Rabu malam (17/1/2018), sebuah kilatan cahaya yang besar muncul dan menyinari langit di atas negara bagian Michigan. Hal ini masih banyak menimbulkan pertanyaan besar. Karena pada saat itu pula terjadi suara ledakan yang besar dan gempa berkekuatan 2.0 skala Richter, seperti diberitakan oleh The Guardian, CNN, dan abc News.

1. Awalnya dikira petir atau kilat

Warga Michigan Heboh dengan Munculnya Kilatan Cahaya TerangNBC News

Cahaya terang yang menyinari langit Michigan selama kurang lebih 1 detik awalnya dianggap sebagai kilat atau petir yang menyambar oleh masyarakat. Orang-orang di sekitar juga menunjukkan bahwa tidak lama setelah kilatan itu muncul, terdengar keras suara ledakan yang tidak dapat dipastikan dari mana arah datangnya.

Akibatnya, banyak dari mereka yang mengasumsikan bahwa itu hanyalah sebuah kilat biasa. Kemudian pihak NWS Detroit (National Weather Service) meluruskan pernyataan yang menganggap bahwa hal itu adalah kilat atau petir.

Dikutip dari Tweet mereka: "Setelah melihat dari data-data yang ada, NWS dapat mengonfirmasi bahwa kilatan dan suara ledakan tersebut bukanlah sebuah petir, melainkan meteor."

2. Selain kilat dan ledakan, tercatat pula gempa bumi berkekuatan 2.0 skala Richter

Warga Michigan Heboh dengan Munculnya Kilatan Cahaya TerangM Live

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS: United States Geological Survey) mencatat adanya gempa bumi berkekuatan 2.0 skala Richter, yang pusatnya berada 5 mil (8 km) dari Barat-Barat daya New Haven, Michigan, sekitar 40 mil (64 km) dari kota Detroit pada pukul 20.10 malam.

Kemudian NWS Detroit mengumumkan bahwa data yang didapat oleh USGS sangat mirip dengan data yang mereka dapatkan mengenai jatuhnya meteor di atas langit Michigan yang terjadi bersamaan pada pukul 20.10 malam.

Walaupun begitu, para ilmuwan masih tidak yakin bahwa ukuran meteor atau 'bintang jatuh' tersebut dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi. Sekarang peneliti masih menyelidiki lebih dalam untuk dapat menyimpulkan peristiwa alam tersebut.

3. Meteor dengan kecepatan 45.061 km/jam

Warga Michigan Heboh dengan Munculnya Kilatan Cahaya Terangal.com

Pimpinan Meteoroid NASA, Bill Cooke, mengatakan fenomena yang terjadi di atas langit Michigan adalah sebuah meteor yang jatuh berukuran 1,8m dan masuk ke dalam atmosfer bumi dengan kecepatan 45.061 km/jam.

Ketika meteor tersebut jatuh dan pecah di bumi, ia mengeluarkan kekuatan ledakan menyerupai 100 ton dinamit TNT. Maka dari itu daya ledak yang dihasilkan oleh meteor ketika hancur di atas, menghasilkan gelombang getaran yang kuat hingga ke daratan.

Karena hal inilah mengapa para penduduk dapat mendengar suara ledakan yang keras, dan sebagiannya merasakan getaran aneh ketika kilatan cahaya tersebut muncul.

Hal ini juga dibuktikan ketika ada beberapa penduduk di daerah Michigan, melapor ke polisi dan mengatakan bahwa rumah mereka bergetar saat cahaya tersebut menyinari atas rumahnya.

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya