Pasukan Koalisi Dukungan Arab Saudi Tetap Begerak Maju Menuju Hodeidah

Serangan tetap dilanjutkan meski mendapat protes dari PBB

Aden, IDN TIMES - Pasukan Yaman yang didukung koalisi pimpinan Arab Saudi, pada hari Minggu (4/11) terus bergerak maju inci demi inci ke kota pelabuhan Hodeidah.

Meskipun mendapat protes keras dari PBB dan merusak upaya perdamaian yang sedang digalangkan, kedua belah pihak tetap bertempur tanpa henti, seperti yang dilaporkan Reuters.

1. Koalisi mengirim ribuan tentara untuk merebut Hodeidah

Pasukan Koalisi Dukungan Arab Saudi Tetap Begerak Maju Menuju Hodeidahthenational.ae

Sejak beberapa bulan terakhir, pasukan Yaman yang didukung penuh oleh koalisi pimpinan Arab Saudi sudah bertempur melawan Houthi untuk merebut Kota Hodeidah.

Pasukan koalisi setidaknya mengirim ribuan pejuang dan melaksanakan puluhan serangan udara untuk melemahkan kekuatan Houthi di kota pelabuhan yang vital.

Pertempuran terkonsentrasi di beberapa titik, seperti bandara yang sudah direbut pasukan koalisi, dan pertempuran terbuka di sebuah universitas yang jaraknya 4 km dari Kota Hodeidah.

2. Jatuhnya Hodeidah akan menjadi pukulan besar bagi pemberontak Houthi

Pasukan Koalisi Dukungan Arab Saudi Tetap Begerak Maju Menuju Hodeidahalaraby.co.uk

Dilansir Aljazeera, menurut Adam Baron, seorang analisis Yaman dan Dewan Eropa untuk Relasi Luar Negeri, ia menyatakan bahwa kota pelabuhan Hodeidah adalah "hadiah utama" dan akan menjadi "pukulan besar" bagi Houthi jika mereka kehilangan kontrol terhadap kota itu.

Kota Hodeidah sendiri memang menjadi pelabuhan penting bagi Pemerintah Yaman jauh sebelum perang saudara terjadi. Analisis menyebutkan jika pemberontak Houthi kehilangan Hodeidah, maka mereka sama saja kehilangan sumber pendapatan utamanya.

Meskipun begitu, apabila Hodeidah memang jatuh ketangan pasukan koalisi sebelum dialog damai yang direncanakan berlangsung, lepasnya hodeidah dari tangan Houthi bukanlah pukulan telak yang dapat menyelesaikan perang.

3. Bencana kemanusiaan terus menyelimuti Yaman

Pasukan Koalisi Dukungan Arab Saudi Tetap Begerak Maju Menuju Hodeidahhurriyetdailynews.com

PBB melalui UNHCR selalu meminta kedua belah pihak untuk berhenti berperang karena bencana kemanusiaan yang sedang terjadi di Yaman. Kelaparan dan penyakit yang merajalela, menjadi alasan utama mengapa perang di Yaman harus mencapai titik perdamaian sekarang juga.

Utusan khusus UNCHR, Angelina Jolie, mengatakan bahwa komunitas internasional "memalukan secara lambat" untuk mengatasi masalah ini, dan meminta UNSC agar segera menemukan negosiasi penyelesaian perang secepatnya.

Ribuan rakyat Yaman telah terbunuh dan ribuan lainnya menderita setiap saat, tapi hanya tindakan nyata yang dapat menyelamatkan mereka semua.

Baca Juga: Perang Saudara di Yaman Tewaskan 150 Orang Selama Akhir Pekan

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya