Pesawat Pembom Jarak Jauh AS Lintasi Tiga Ibu Kota Negara Baltik

Unjuk kekuatan atau ada apa?

Vilnius, IDN Times - Satu pesawat pembom jarak jauh berkemampuan nuklir, B-1B Lancers, milik Angkatan Udara AS pada hari Rabu (03/03), melintasi tiga ibu kota negara-negara Baltik, Vilnius (Lithuania), Talinn (Estonia), dan Riga (Latvia).

Kegiatan yang dilakukan Angkatan Udara AS ini tercatat sebagai salah satu kegiatan pertamanya setelah empat pesawat pembom jarak jauh berkemampuan nuklir yang mereka miliki baru saja tiba di Norwegia pada tanggal 22 Februari 2021 lalu untuk melaksanakan kegiatan pengawasan Wilayah Arktik, seperti yang dilansir dari Reuters

1. Tunjukkan komitmen AS terhadap sekutunya

Pesawat Pembom Jarak Jauh AS Lintasi Tiga Ibu Kota Negara BaltikPesawat Pembom, B-1B Lancers, dan dua jet tempur Typhoon, pada 03 Maret 2021. twitter.com/ryankakiuchan

Lemahnya kekuatan tempur yang dimiliki Negara Baltik, membuat mereka hanya bisa mengandalkan NATO apabila sebuah perang memang terjadi. Dikutip dari ERR News, menurut pernyataan resmi Komandan Angkatan Udara AS Wilayah Udara Eropa dan Afrika, Jenderal Jeff Harrigan, ia menegaskan jika aksi yang dilakukan pesawat pembom itu merupakan komitmen penuh Amerika Serikat terhadap sekutu-sekutu NATO-nya yang tidak pernah tergoyahkan.

Dalam melaksanakan kegiatannya melintasi tiga Negara Baltik, Pesawat Pembom B-1B Lancers tidak terbang sendirian. Berdasarkan laporan yang disampaikan NATO, selama proses kegiatan pesawat pembom tersebut didampingi oleh pesawat-pesawat tempur Typhoon anggota NATO dari bandara yang terletak di Jerman dan Italia. 

2. Kekhawatiran terhadap Rusia masih tinggi di kalangan Negara Baltik

Baca Juga: Estonia Lanjutkan Klaim Pesisir Baltik Milik Rusia

Sudah bukan rahasia lagi jika Negara Baltik terus mengkhawatirkan gerak-gerik tetangga raksasanya di timur, yaitu Federasi Rusia. Kekhawatiran terhadap aksi Rusia yang mulai dianggap "agresif" semenjak aneksasi Krimea di tahun 2014, setidaknya membuat Pakta Pertahanan NATO menugaskan ribuan tentara di negara-negara Baltik karena berbatasan langsung dengan Rusia, dilansir dari Reuters

Tetapi meskipun begitu, Rusia tidak pernah takut dengan keberadaan Pasukan NATO di setiap Negara Baltik dan terkadang sering menantang mereka. Pengaruh Rusia di Wilayah Baltik sendiri termasuk yang terkuat dikarenakan sejarah panjang yang dimiliki mereka satu sama lain, terutama ketika Uni Soviet mencaplok seluruh Wilayah Baltik yang sudah merdeka dari Kekaisaran Rusia. 

3. Tantang dominasi Rusia di Wilayah Arktik

Pesawat Pembom Jarak Jauh AS Lintasi Tiga Ibu Kota Negara BaltikPasukan Rusia sedang berlatih di musim dingin. twitter.com/mod_russia

Terdapat tujuan lain dari aksi unjuk kekuatan yang dilakukan Angkatan Udara AS di Wilayah Baltik. Dilaporkan Reuters, keberadaan empat pesawat pembom strategis mereka di Norwegia ditujukan untuk melakukan pengawasan terhadap Wilayah Arktik yang didominasi Rusia untuk beberapa minggu ke depan dan dijaga sekitar 200 Prajurit AS. 

Norwegia di pilih menjadi negara penempatan sementara pesawat pembom jarak jauh milik AU Amerika Serikat dikarenakan berbatasan langsung dengan Wilayah Arktik. Kondisi Arktik yang sekarang masih sangat didominasi oleh kapal-kapal penghancur es dari Rusia serta Pasukan Rusia, terus menarik perhatian AS karena beberapa negara sekutunya memiliki klaim yang sama seperti di Rusia untuk sumber daya Arktik yang melimpah. 

Baca Juga: Negara Baltik Tolak Upaya Putin Menulis Ulang Sejarah Aneksasi 1940

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya