PM Bulgaria Minta Rusia Hentikan Aksi Spionase

Kira-kira apa respon Rusia?

Sofia, IDN Times - Perdana Menteri Republik Bulgaria, Boyko Borissov, pada hari Sabtu (20/03), menyatakan bahwa dirinya meminta Federasi Rusia untuk menghentikan segala bentuk operasi mata-mata di dalam Bulgaria.

Pernyataan itu disampaikan Borissov setelah Pasukan Keamanan Bulgaria berhasil menangkap enam warganya di hari Kamis (18/03), yang dipercaya telah menyebarkan informasi rahasia kepada Moskow, seperti yang dilansir dari Reuters.  

1. Perwira Intelijen Bulgaria menjadi tersangka

PM Bulgaria Minta Rusia Hentikan Aksi SpionaseBendera Bulgaria. twitter.com/MFABulgaria

Penangkapan enam Warga Bulgaria oleh Pasukan Keamanan Bulgaria atas dugaan aksi spionase cukup mengejutkan Eropa. Dikutip dari Reuters, menurut keterangan dari Pemerintah Bulgaria, setidaknya seorang perwira dan mantan perwira intelijennya termasuk dalam daftar orang yang ditangkap karena diduga telah menyebarkan informasi rahasia mengenai Bulgaria, NATO, dan Uni Eropa.

Dalam pelaksanaannya, informasi yang berhasil didapatkan perwira intelijen tersebut diantarkan oleh salah seorang istri mereka ke Gedung Kedutaan Besar Federasi Rusia di Kota Sofia. Namun, mengenai kebenaran aksi spionase itu sendiri Pemerintah Bulgaria masih melakukan penyelidikan, dan apabila terbukti bersalah maka mereka yang terlibat akan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. 

Baca Juga: AS Kerjasama Teknologi 5G dengan Kosovo, Makedonia Utara dan Bulgaria

2. Bulgaria mendapat dukungan penuh dari NATO

PM Bulgaria Minta Rusia Hentikan Aksi SpionaseMonumen berlambang Logo NATO dan bendera negara-negara anggota NATO di Kota Brussels, Belgia. twitter.com/ItalyatNATO

Sebagai salah satu negara kecil di Wilayah Balkan, Bulgaria bergabung ke NATO guna memperkuat keamanan negaranya. Setelah terkuak dugaan kasus spionase di Bulgaria, salah satu sekutunya di Pakta Pertahanan NATO, Inggris, menyuarakan dukungannya atas keberhasilan Sofia dalam memberantas aksi merusak Rusia, dilansir dari The Star

Dukungan juga mengalir dari sekutu-sekutu Bulgaria lainnya, antara lain Amerika Serikat dan Makedonia Utara. Menanggapi situasi ini, Pemerintah Rusia melalui keduatannya di Kota Sofia menekankan bahwa tuduhan keterlibatan Rusia harus dihentikan sampai pengadilan mengeluarkan keputusan resmi.

3. Hubungan manis-pahit antara Bulgaria dan Rusia

PM Bulgaria Minta Rusia Hentikan Aksi SpionaseFestival kebudayaan tradisional dari Bulgaria di Ibu Kota Rusia, Moskow. twitter.com/Bulgaria_in_Rus

Hubungan yang dimiliki Rusia dan Bulgaria tergolong manis-pahit karena interaksinya antara satu dengan lain. Dilaporkan Reuters, kerja sama ekonomi, budaya, dan energi yang dilakukan antara Rusia dan Bulgaria menjadi bukti kedua negara sebenarnya memiliki hubungan yang cukup baik, namun semua itu berubah ketika Pemerintah Bulgaria mengusir enam Diplomat Rusia atas dugaan spionase satu tahun lalu.

Dikarenakan ketegangan yang memuncak antar kedua negara, Perdana Menteri Bulgaria, Boyko Borissov, sampai-sampai menegaskan bahwa negaranya tidak menginginkan keberadaan Diplomat Rusia di Bulgaria. Masih belum dapat dipastikan apa respon yang akan Kremlin berikan apabila Sofia tetap melanjutkan tuduhannya terhadap Rusia.

Baca Juga: Bulgaria Tolak Makedonia Utara untuk Gabung Uni Eropa

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya