Taiwan Kirim Jet Tempur Cegat Pesawat Pengebom RRT

Makin tegang setelah masalah diplomasi

Taipei, IDN Times - Angkatan Udara Taiwan, pada hari Jumat (25/5/2018) mengirim jet tempur mereka untuk mencegat pesawat pengebom Tiongkok berjenis H-9, setelah terbang terus menerus mengitari Pulau Taiwan.

Tindakan ini dilakukan beberapa jam setelah Taiwan bersumpah tidak akan takut kehilangan sekutu diplomatiknya, akibat tekanan besar dari Tiongkok kepada negara-negara yang memiliki hubungan bersama Taiwan, seperti dilansir dari Reuters.

1. Pesawat Tiongkok sedang menjalani latihan militer

Taiwan Kirim Jet Tempur Cegat Pesawat Pengebom RRTMedium

Dikutip dari DW, dua pesawat pengebom RRT berjenis H-9 sedang menjalani latihan militer dari Selat Bashi di Selatan Taiwan hingga Selat Miyako, dimana secara langsung pesawat itu terus mendekati Timur Laut Pulau Taiwan kemudian mulai mengitari pulau tersebut.

Setelah mendapat laporan kedua pesawat ini melakukan tindakan yang 'aneh' di dekat perbatasan udara Taiwan, Angkatan Udara Taiwan langsung mengirim jet mereka untuk mencegatnya. Pencegatan ini bukan untuk pertama kali, tapi sekian kalinya akibat dari tekad RRT yang terus mencoba mengembalikan Taiwan ke pangkuan daratan utama (Tiongkok).

Selama pencegatan, pesawat jet Taiwan tidak melakukan tindakan pengusiran. Melainkan pembuntutan kedua pesawat pembom tersebut untuk memonitor perkembangan lebih lanjut.

2. Rakyat Taiwan diminta jangan khawatir menghadapi provokasi Tiongkok

Taiwan Kirim Jet Tempur Cegat Pesawat Pengebom RRTPress TV

Maraknya provokasi militer Tiongkok terhadap kedaulatan Taiwan membuat banyak masyarakatnya khawatir. Pemerintah Taiwan menegaskan bahwa semua kondisi sudah dimonitor dengan baik, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap provokasi tidak berdasar dari Republik Rakyat Tiongkok.

Dalam menghadapi masalah pesawat pengebom RRT, rakyat Taiwan diberikan kepastian yang sebenar-benarnya dari pemerintah, bahwa angkatan udara mereka sudah melakukan yang terbaik untuk menjaga keamanan dan integritas Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan juga menyampaikan aksi yang dilakukan pengebom tersebut adalah sebuah latihan militer jarak jauh, dan bukan upaya invasi ataupun penyerangan ke negara mereka.

3. Taiwan yang diambang kepunahan diplomasi

Taiwan Kirim Jet Tempur Cegat Pesawat Pengebom RRTForeign Policy

Putusnya hubungan diplomasi antara Taiwan dan Burkina Faso, membuat kekuatan diplomasi Taiwan semakin lama semakin melemah. Keluarnya Burkina Faso dari lingkup diplomasi Taiwan, membuat Taiwan hanya tinggal memiliki satu teman diplomasi di Pulau Afrika yaitu, Kerajaan Swaziland.

Secara keseluruhan Taiwan hanya memiliki 18 negara yang masih menjalin hubungan diplomatik bersama mereka, tetapi sebagian besar merupakan negara miskin dan berkembang dari Amerika Tengah serta Pasifik.

Meskipun begitu, Pemerintah Taiwan bersumpah tidak akan pernah takut dan tunduk dengan tekanan Tiongkok, yang secara pelan-pelan terus menggerogoti kemampuan diplomasi Taiwan.

Selain itu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyatakan aksi pesawat pengebom Tiongkok yang mencoba meprovokasi Taiwan adalah sebuah "perilaku kasar yang mencoba merusak kedaulatan kita (Taiwan)".

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya