Comscore Tracker

Ukraina Peringati Hari Angkatan Bersenjata

Unjuk gigi di tengah ancaman invasi Rusia

Jakarta, IDN Times - Republik Ukraina merayakan hari jadi angkatan bersenjatanya ke-30 dengan aksi parade militer di beberapa kota besar.

Kegiatan dilaksanakan pada Senin (06/12) sebagaimana tradisi ini adalah kebanggaan tersendiri bagi Ukraina yang resmi berpisah dari Uni Soviet tiga dekade lalu.

Dikutip dari Reuters, selama parade militer berlangsung militer Ukraina terlihat banyak memamerkan alutsista dari Amerika Serikat (AS). Kendaran angkut lapis baja hingga kapal patroli yang dihibahkan Washington ditunjukkan kepada masyarakat luas. 

1. Ukraina pastikan siap hadapi Rusia secara militer

Selain menggunakan momen tersebut untuk merayakan kekuatan militernya terdapat agenda lain yang telah disiapkan pemerintah Ukraina.

Melansir Reuters, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menegaskan bahwa seluruh personel militer Ukraina siap mempertahankan kedaulatannya dari ancaman invasi Rusia.

"Prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina terus memenuhi misi terpenting mereka - untuk mempertahankan kebebasan dan kedaulatan negara dari agresi Rusia," ucap Zelenskiy.

Zelenskiy lalu menambahkan ia sangat yakin kekuatan yang dimiliki militer Ukraina lebih dari cukup untuk menggagalkan rencana "penaklukkan" Kiev oleh Rusia.

2. Presiden Zelenskiy beri ucapan terima kasih kepada militer Ukraina

Ukraina Peringati Hari Angkatan BersenjataPresiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. twitter.com/ZelenskyyUa

Baca Juga: Tak Mau Diterobos, Belarusia Panggil Atase Militer Ukraina 

Memimpin Ukraina di masa-masa genting seperti saat ini adalah tantangan terberat yang harus ditanggung Presiden Zelenskiy.

Ketika menghadiri parade militer di Kota Kiev, Zelenskiy tidak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh veteran dan personel militer Ukraina, seperti yang dilansir dari Ukrinform.

"Pada hari ini, kita menundukkan kepala untuk mengenang para pahlawan yang mengorbankan hidup mereka untuk Ukraina. Prestasi mereka akan hidup selamanya dan menjadi contoh pelayanan yang jujur ​​dan tanpa pamrih kepada Tanah Air," jelas Zelenskiy. 

3. Pusat industri pertahanan Ukraina siap sambut kedatangan kepala negaranya

Ukraina adalah salah satu contoh negara pecahan Uni Soviet yang memiliki kemampuan industri pertahanan domestik yang sangat memadai. Keunggulan inilah yang kemudian membuat Kiev berhasil mengantisipasi serangan penuh atau agresi Rusia 2014 silam.

Dilaporkan Reuters, sektor industri pertahanan Ukraina yang terpusat di timur, salah satunya Kharkiv, akan mendapat kunjungan dari Presiden Volodymyr Zelenskiy. Kunjungan Zelenskiy bersifat simbolik karena wilayah tersebut menjadi satu-satunya produsen alutsista berat yang dimiliki Ukraina ke garis depan di Ukraina Timur.

Selain mengunjungi Kharkiv, Zelenskiy juga direncakan akan berkunjung ke Wilayah Donetsk yang saat ini terbelah sebagai imbas perang saudara yang terus memanas. 

Baca Juga: Eropa Timur Tegang, Ukraina-Rusia Gelar Latihan Tempur

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya