358.700 Dosis Vaksin COVID AstraZeneca dari Prancis Tiba di Indonesia

Mencerminkan persahabatan kokoh antara kedua negara

Jakarta, IDN Times - Sumbangan 358.700 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dari Prancis tiba di Indonesia pada Jumat (10/9/2021). Kiriman ini ditujukan untuk membantu Indonesia menanggulangi pandemik virus corona. 

Dikutip dari ANTARA, Kedutaan Besar Prancis di Jakarta menjelaskan, kedatangan vaksin ini merupakan pengiriman pertama dari total 3 juta dosis vaksin COVID-19 yang akan disumbangkan ke Indonesia melalui mekanisme COVAX.

“Prancis berdiri bersama mitra dekatnya Indonesia, dalam melanjutkan perjuangannya memerangi COVID-19,” demikian pernyataan Kedutaan Prancis.

1. Macron minta solidaritas negara maju untuk membantu penanganan COVID-19

358.700 Dosis Vaksin COVID AstraZeneca dari Prancis Tiba di IndonesiaPresiden Prancis Emmanuel Macron saat berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden melalui sambungan telepon pada 11 November 2020. (Facebook.com/Emmanuel Macron)

Februari 2021 lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta negara sahabatnya di G7, G20, dan Uni Eropa untuk mendonasikan vaksin kepada negara-negara yang membutuhkan.

Setidaknya 92 negara berpendapatan rendah dan menengah telah menerima bantuan, berupa sumbangan vaksin dari Prancis yang menjadi bagian dari program COVAX AMC.

Baca Juga: MHRA Setujui Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca Sebagai Booster

2. COVAX berdiri berkat dukungan Prancis

358.700 Dosis Vaksin COVID AstraZeneca dari Prancis Tiba di IndonesiaIlustrasi kemasan vaksin hasil program global COVAX yang segera disalurkan. (WHO.int)

COVAX didirikan pada 2020 berkat dukungan Prancis, dengan harapan dapat menjamin akses yang adil terhadap vaksin. Prancis bersama COVAX menilai vaksin sebagai barang publik global sehingga setiap orang wajib mendapatkannya.

Sampai saat ini, berkat bantuan COVAX, sebanyak 137 negara di seluruh dunia telah menerima lebih dari 156 juta dosis vaksin. 

Mekanisme sumbangan dosis vaksin yang dilakukan COVAX diakui sebagai satu-satunya respons jangka pendek untuk mendukung pemerataan penggunaan vaksin secara global. 

Baca Juga: WHO Minta Negara Kaya Tunda Booster Hingga Akhir Tahun

3. Prancis tegaskan kesediaannya menyumbang vaksin

358.700 Dosis Vaksin COVID AstraZeneca dari Prancis Tiba di IndonesiaVaksin bantuan COVAX di Pantai Gading. twitter.com/WHOAFRO/

Prancis merupakan salah satu negara pertama yang menegaskan kesediannya untuk menyumbang vaksin, selain kontribusi keuangan. Aksi ini sudah mendapat restu dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena vaksin yang didistribusikan Prancis aman dan efektif.

Sumbangan Prancis dalam program COVAX merupakan aksi nyata upaya global Tim Eropa mendukung keserataan akses vaksin. Sedikitnya 100 juta dosis vaksin asal Eropa telah dibagikan pada 2020 untuk memastikan tidak ada negara yang bergerak sendirian.

Baca Juga: Uni Eropa dan Inggris Beri Sinyal Siap Bekerja Sama dengan Taliban

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya