Comscore Tracker

5 Negara Berpenduduk Terbesar di Dunia pada 2021

Indonesia termasuk loh

Jakarta, IDN Times - Besarnya populasi manusia di sebuah negara sering membawa efek positif dan negatif secara bersamaan. Jika diperhatikan negara dengan populasi besar biasanya akan ditopang ekonomi yang besar pula. Namun, kondisi ini tidak selamanya benar. 

Membesarnya jumlah penduduk suatu negara secara tidak langsung juga akan meningkatkan anggaran belanja negara, guna memenuhi kebutuhan rakyatnya. Ditambah lapangan pekerjaan yang cepat menipis setiap tahunnya, apabila tidak diiringi kebijakan perluasan lapangan kerja skala besar.

Berikut beberapa daftar negara di dunia dengan jumlah populasi terbesar per 2021. 

Baca Juga: Negara-Negara Afrika Barat yang Alami Kudeta dan Penyebabnya

1. Tiongkok

5 Negara Berpenduduk Terbesar di Dunia pada 2021Presiden Tiongkok, Xi Jinping, tiba pada upacara penyerahan medali untuk pejabat tinggi nasional dan asing pada kesempatan peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok di Balai Agung Rakyat di Beijing, Tiongkok, pada 29 September 2019. (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Diragukan dapat menyaingi siapa pun kala Perang Dingin, sekarang Republik Rakyat China kini berhasil membuktikan eksistensi mereka. Bertengger sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, China menunjukkan jika kemampuannya berada di atas rata-rata. 

Memiliki luas wilayah 9.388.211 km2, China memiliki jumlah populasi terbesar di dunia, yaitu sekitar 1,4 miliar orang. Puluhan ribu sungai dan tanah yang subur bagi pertanian serta perkebunan, membantu populasi Tiongkok sejak ribuan tahun lalu berkembang lebih pesat.

2. India

5 Negara Berpenduduk Terbesar di Dunia pada 2021Petugas kepolisian menggunakan anjing pelacak untuk mencari jejak sementara bendera raksasa dipasang di bagian monumen bersejarah Victroria Memorial, ditengah perayaan Hari Kemerdekaan India di Kolkata, India, Minggu (15/8/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Tidak jauh-jauh dari China, sebuah negara yang berbatasan langsung dengan mereka ternyata merupakan negara dengan populasi terbesar kedua di dunia, yakni India. India saat ini menjadi negara dengan ekonomi terbaik keenam secara global. 

Meskipun luas wilayah hanya 2,973,190 km2 atau jauh di bawah luas China, namun jumlah populasi India berada pada angka 1,3 miliar jiwa. Sama halnya negeri Tirai Bambu, India diberkahi banyak tanah yang subur dan sungai, sehingga membuat pertumbuhan populasinya meningkat tajam sejak ribuan tahun lalu. 

Pertahanan geografis alami yang dimiliki India seperti pegunungan Himalaya membentang di utara dan Samudera Hindia di selatan memberikan keamanan tiada dua bagi negeri Bollywood. Tanpa adanya ancaman genosida dari bangsa asing serta penyakit mematikan, populasi di India sukses berkembang. 

3. Amerika Serikat

5 Negara Berpenduduk Terbesar di Dunia pada 2021Suasana Times Square, New York, Amerika. (By Terabass/Wikimedia)

Pindah ke Benua Amerika, dunia disambut dengan Amerika Serikat sebagai negara dengan populasi terbesar ketiga di dunia. Tetapi berbeda dari China dan India, jumlah populasi di AS sendiri merosot jauh hingga di bawah angka 500 juta jiwa. 

Hampir memiliki luas wilayah sebesar China, yakni 9,147,420 km2, populasi keseluruhan warga negara AS berada pada jumlah 332 juta orang. Dikarenakan AS dikenal sebagai negerinya para imigran, maka jumlah populasi asli yang dimiliki mereka dahulu sangat sedikit. 

Pemerintah AS yang membuka pintu mereka untuk para imigran dari seluruh bagian dunia, menjadi salah satu alasan mengapa jumlah populasi AS meningkat secara bertahap.

Kendati, populasi mereka tidak sebesar China atau pun India, semangat industri yang dimiliki masyarakat AS sampai hari ini menunjukkan kepada dunia, ekonomi mereka masih menjadi yang terbesar tanpa pengecualian.

4. Indonesia

5 Negara Berpenduduk Terbesar di Dunia pada 2021Ilustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Kembali bergerak ke Benua Asia atau lebih tepatnya kawasan Asia Tenggara, Indonesia ternyata masih menduduki populasi manusia terbesar keempat di dunia.

Mempunyai luas wilayah 1,811,570 km2, Indonesia dipenuhi populasi penduduknya hingga mencapai sekitar 275 juta jiwa. Dikarenakan merupakan negara kepulauan, sebagian besar penduduk Indonesia memadati pulau Jawa meskipun masih terdapat empat pulau besar lainnya.

5. Pakistan

5 Negara Berpenduduk Terbesar di Dunia pada 2021Umat Muslim melakukan salat Idulfitri di Karachi, Pakistan, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/REUTERS/Akhtar Soomro/foc.)

Di posisi terakhir, Pakistan menjadi negara dengan populasi terbesar kelima yang tercatat pada tahun ini. Berbatasan dengan India dan China, Pakistan menjadi negara dengan jumlah populasi terkecil di antara empat negara lainnya.

Berdiri di wilayah seluas 770,880 km2, Pakistan dianugerahi populasi 225 juta jiwa. Walau pun jumlah penduduk Pakistan sempat berada di bawah Brasil pada 2010, namun terjadi peningkatan serius dalam satu dekade terakhir, yang membuat Islamabad berhasil meraih posisi kelima dengan populasi terbesar dunia. 

Sekadar informasi, Pakistan merupakan salah satu negara di dunia dengan tingkat pertumbuhan pendudukan yang cepat, yakni 2 persen per tahun. Sedangkan, beberapa negara di dunia lainnya harus tertahan di bawah angka 1 persen.

Baca Juga: 5 Negara Berpenduduk Terkecil di Dunia pada 2021

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya