AS Resmikan Kantor CDC Cabang Asia Tenggara di Vietnam

AS akan dukung Asia Tenggara, termasuk urusan kesehatan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, meresmikan Kantor Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS cabang Asia Tenggara, Rabu (25/8/2021). Kantor tersebut terletak di Ibu Kota Vietnam, Hanoi.

Dalam kesempatan itu, menurut keterangan tertulis, Harris menyuarakan jaminan dukungan AS untuk ASEAN, termasuk urusan kesehatan.

"Amerika Serikat tetap menjadi pendukung kuat sentralitas ASEAN, termasuk dalam sektor kesehatan publik regional," ujar Harris.

AS berjanji memberikan bantuan dana kepada ASEAN sebesar 500 ribu dolar AS atau setara Rp7 miliar. Bantaun itu diberikan agar ASEAN dapat membeli lebih banyak vaksin untuk penanganan pandemik COVID-19.

1. CDC AS di Hanoi untuk bantu fasilitas kesehatan di Asia Tenggara

AS Resmikan Kantor CDC Cabang Asia Tenggara di VietnamKamala Harris, Wakil Presiden Perempuan Pertama Amerika Serikat (whitehouse.gov)

Harris menyampaikan kehadiran Kantor CDC AS di Vietnam memiliki tujuan penting demi kemajuan wilayah Asia Tenggara.

"Dalam maksud ini kami (Amerika Serikat) berusaha membangun dan mengembangkan infrastruktur kesehatan publik di Asia Tenggara," ucap Wakil Presiden perempuan pertama AS tersebut.

Baca Juga: Keberangkatan Kamala Harris ke Vietnam Molor Gegara Ini

2. Berharap tingkatkan kesiapan dan respons Asia Tenggara dalam menghadapi pandemik

AS Resmikan Kantor CDC Cabang Asia Tenggara di VietnamWakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris tiba di Singapura, Minggu (22/8/2021). Kamala Harris tengah melakukan serangkaian kunjungan ke negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Singapura dan Vietnam (ANTARA FOTO/Reuters-Evelyn Hockstein)

AS, menurut Harris, ingin Asia Tenggara siap menghadapi segala ancaman pandemik di kemudian hari. 

"Kami(Amerika Serikat) ingin bekerja sama dengan kalian (ASEAN) untuk meningkatkan kesiapan dan respons di kala kejadian yang tidak dapat dihindari, layaknya pandemi di masa depan atau krisis kesehatan publik," ujarnya.

Harris menyebut saat ini diperlukan pelatihan para "detektif penyakit" di kalangan tenaga medis profesional, secara khusus epidemiolog. AS pun mengaku siap mengulurkan lebih banyak bantuan kepada Asia Tenggara.

3. AS mendukung pembentukan Emergency Management System (EMS)

AS Resmikan Kantor CDC Cabang Asia Tenggara di VietnamMenteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyambut kedatangan Wakil Presiden AS Kamala Harris setibanya di Singapura, Minggu (22/8/2021). Kamala Harris tengah melakukan serangkaian kunjungan ke negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Singapura dan Vietnam (ANTARA FOTO/Reuters-Evelyn Hockstein)

Harris menyebut pihaknya turut memperhatikan terbatas atau bahkan nihilnya Emegency Management System (EMS) di negara-negara Asia Tenggara. Ia pun menyerukan AS akan mendukung pembentukan EMS tersebut.

"(AS akan) Berinventasi dalam penelitian dan mendukung pembentukan Emergency Management System di Asia Tenggara," kata dia.

Tidak hanya itu, AS juga menawarkan diri bekerja sama dengan ASEAN dalam mengembangkan tenaga medis masa depan. Sehingga, semua pihak dapat lebih siap menghadapi situasi yang lebih parah dari pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Kamala Harris Tuding China Gunakan Intimidasi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya