Kronologi Tragedi 9/11 yang Mengguncang Negeri Paman Sam

Semua proses berlangsung selama 102 menit

Jakarta, IDN Times - Serangan teror 11 September 2001 di Amerika Serikat (AS) oleh kelompok teroris Al Qaeda pimpinan Osama bin Laden memasuki peringatan ke dua puluh tahunnya. Aksi tersebut menyebabkan runtuhnya menara kembar World Trade Center (WTC) hingga lebih dari 2.900 orang meninggal dunia, ketika empat pesawat komersial dibajak dan ditabrakkan ke beberapa lokasi vital di AS 

Hanya dengan 19 orang yang berani mati, Al Qaeda berhasil melumpuhkan AS dengan luka yang sangat dalam. Luka itu lalu berubah menjadi balas dendam sebagaimana AS melancarkan perang global anti-teror dengan menginvasi Afghanistan. 

Meskipun Osama bin Laden tewas terbunuh oleh Pasukan Khusus AS di Pakistan 2011 silam, namun dirinya tetap menjadi salah satu pemimpin teroris paling sukses yang pernah menyerang AS di rumahnya sendiri.

Berikut adalah kronologi bagaimana empat penerbangan domestik dapat berubah menjadi malapetaka bagi AS.

1. Dibutuhkan 32 menit sebelum pesawat pertama menabrak menara kembar WTC

Kronologi Tragedi 9/11 yang Mengguncang Negeri Paman SamMenara utara Gedung WTC pasca dihantam pesawat American Airlines nomor 11, pada 11 September 2001. twitter.com/AirCrashMayday

Ternyata dibutuhkan sekitar 32 menit bagi pesawat American Airlines dengan nomor penerbangan 11 untuk menabrak menara utara WTC. Dikutip dari Visual Capitalist, pesawat American Airlines 11 mulai dibajak oleh lima orang tepat pukul 08.14 ketika berada di langit Massachusetts. 

Penerbangan yang awalnya berangkat dari Boston dan dijadwalkan mendarat di Bandara Los Angeles International Airport mulai dialihkan oleh pembajak ke New York.

Tanpa adanya respons berarti maupun defensif dari pihak AS, kelima pembajak terus menerbangkan pesawat yang mereka kuasai hingga akhirnya menabrak menara utara Gedung WTC pada 08.46.

Baca Juga: Dihujani Kritik soal Afghanistan, Ini Pembelaan Joe Biden

2. Pesawat kedua dibajak tepat saat pesawat pertama menabrak WTC

Kronologi Tragedi 9/11 yang Mengguncang Negeri Paman SamMomen pesawat United Airlines 175 sebelum menabrak menara selatan WTC, pada 11 September 2001. twitter.com/USANewsAgency

Koordinasi yang ditunjukkan Al Qaeda sangat terlihat ketika serangan 11 September berlangsung. Pesawat kedua United Airlines 175 dilaporkan mulai dibajak tepat ketika pesawat pertama menabrak WTC pukul 08.46.

Melansir Wall Street Journal, lima teroris mulai melaksanakan aksi pembajakan mereka di pesawat United Airlines 175 pada 08.46, pada saat yang sama American Airlanes sudah menabrak WTC. 

Sama seperti pesawat pertama, pesawat United Airlines 175 terbang dari Boston dengan tujuan Los Angeles, namun dibajak ketika sedang mengudara di barat laut New Jersey.

Pesawat itu lalu berbalik arah menuju Kota New York dan dalam kurun waktu 17 menit pasca pembajakan ia menghantam menara selatan Gedung WTC pukul 09.03.

Baca Juga: Taliban Kuasai Senjata Militer AS, Joe Biden Jadi Target Kritik

3. Pesawat ketiga dan keempat sama-sama dibajak ketika mengudara di atas Ohio

Kronologi Tragedi 9/11 yang Mengguncang Negeri Paman SamSisi Gedung Pentagon yang rusak parah setelah ditabrak oleh pesawat American Airlines 77, pada 11 September 2001. twitter.com/iamdespicable1

Dua pesawat terakhir tidak lagi menargetkan menara kembar WTC, tetapi mereka menargetkan dua simbol kekuatan AS, yakni Pentagon dan Gedung Putih. Pesawat American Airlines 77 dan United Airlines 93 menjadi pesawat terakhir yang dibajak Al Qaeda, yang mana masing-masing pesawat terdiri dari lima dan empat pembajak. 

Pesawat American Airlines 77 mulai dibajak di selatan Ohio pukul 08.54, sedangkan United Airlines 93 dibajak di utara Ohio, 26 menit setelah American Airlines 77 atau pukul 09.28, seperti yang dilansir dari Wall Street Journal

American Airlines 77 menjadi pesawat ketiga yang menabrak objek vital AS yaitu Gedung Pentagon, yang disimbolkan sebagai pusat pertahanan, di Washington pukul 09.37. Kemudian, United Airlines 93 sempat berusaha membebaskan diri dari pembajak, tetapi pesawat mereka jatuh tidak terkontrol di dekat Kota Somerset pukul 10.03 sebelum menghancurkan Gedung Putih. 

Baca Juga: Isi Obrolan Presiden Afghanistan dengan Biden sebelum Lari ke UEA

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya