Hina Tuhan, Aktivis Perempuan ini Dilarang Seumur Hidup ke Inggris

Aduh, mbaknya berani banget sih...

London, IDN Times - Seorang aktivis sayap kanan dilarang masuk Inggris seumur hidupnya karena menyebarkan poster yang menghina Tuhan. Poster bertuliskan Allah itu Gay membuat kamu muslim di Inggris murka. Ujaran rasis itu akhirnya membuat aktivis perempuan itu tidak diizinkan ke Inggris seumur hidupnya.

1. Larangan ke Inggris ini adalah buntut dari insiden pembagian selebaran rasis yang dilakukan beberapa bulan lalu

Hina Tuhan, Aktivis Perempuan ini Dilarang Seumur Hidup ke Inggrismetro.co.uk

Diwartakan Metro dan The Mirror pada Minggu (25/3/2018), aktivis bernama Lauren Southern itu ditahan ketika mencoba memasuki Inggris di Port of Calais. Larangan ini dilakukan karena pada perjalanan ke Inggris sebelumnya, Lauren membagikan selebaran rasis di kawasan Luton dalam sebuah acara. 

Kala itu, Lauren membagikan selebaran yang bertulisan Allah ada Gay dan Allah adalah Trans (Transgender) di jalan kota Luton. Kondisi itu mendorong petugas kepolisan bertindak. Dalam video yang beredar, seorang petugas kepolisian meminta Lauren berhenti menyebarkan poster tersebut karena bisa menimbulkan kegaduhan.

2. Lauren menjelaskan aksi bagi-bagi selebaran rasis itu adalah sebuah eksperimen sosial

Hina Tuhan, Aktivis Perempuan ini Dilarang Seumur Hidup ke Inggrismirror.co.uk

Kepada petugas, Lauren menyebutkan hal yang dilakukannya itu adalah sebuah eksperimen sosial. Namun tetap saja, alasannya tidak bisa diterima dan membuat warga murka. Pada insiden di Luton itu, Lauren memang tidak ditangkap. Namun ia diganjar larangan seumur hidup menginjakkan kaki di Inggris.

Saat mencoba kembali ke Inggris pada 13 Maret lalu, Lauren akhirnya tertahan di perbatasan Calais. Ia ditahan di bawah Undang-undang Terorisme. Saat ditahan di area perbatasan, Lauren dilaporkan berusaha bertemu dengan sesama aktivis sayap kanan, Martin Sellner yang merupakan tokoh sentral dalam gerakan anti muslim di Austria.

3. Aktivis sayap kanan memang dikenal memiliki pandangan yang cukup ekstrem. Duh serem

Hina Tuhan, Aktivis Perempuan ini Dilarang Seumur Hidup ke Inggrismirror.co.uk

Lembaga Amal Anti Rasisme, Hope not Hate mendukung langkah pemberian sanksi bagi Lauren. Dikatakan, Lauren memiliki pandangan sayap kanan yang ekstrem, termasuk dengan menyebut muslim sebagai orang barbar.

Aduh-aduh bagaimana pendapat kalian? Padahal sesama manusia hidup damai itu indah lho.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya