Gangguan Listrik, Ribuan Penumpang Terlantar di Bandara Tersibuk Dunia

Operasional bandara ini lumpuh....

Penumpang Bandara Internasional Hartsfield-Jackson panik. Sejak Minggu (17/12/2017), bandara itu mengalami gangguan listrik karena ada kebakaran pada gardu induk. Ribuan penumpang pun terjebak di dalam terminal bandara dan sejumlah pesawat tertahan di landasan selama berjam-jam. Dikutip NBC News, Minggu tengah malam, bandara telah membatalkan 1.173 penerbangan dan 207 penerbangan terlambat. Salah satu maskapai penerbangan, Delta Air Lines yang berpusat di Atlanta telah membatalkan 300 penerbangan lainnya pada Senin (18/12/2017) waktu setempat. 

Walikota Atlanta, Kasim Reed mengatakan, gangguan listrik disebabkan oleh kebakaran di gardu induk. Sehingga harus dilakukan pemadaman listrik. Hal itu pun akhirnya membuat Federal Aviaton Administration menunda dan menghentikan lalu lintas udara. "Saya menyampaikan perminataan maaf kepada ribuan penumpang yang terjebak dan terganggu dengan kondisi ini," kata Walikota Reed. 

Reed sadar pemadaman yang dilakukan itu menimbulkan kekecewaan dan kemarahan penumpang. Apalagi saat ini adalah momen liburan jelang Natal dan Tahun Baru. Untuk itu pihaknya akan berusaha untuk mencari solusi transportasi lain untuk penumpang.

Para petugas hingga kini masih menyelidiki penyebab kebakaran. Reed pun mengatakan, semua penumpang telah dievakuasi dan aparat penegak hukum menyisir bandara untuk mencari tahu kemungkinan adanya pelanggaran keamanan. 

Setelah 11 jam terjadi gangguan listrik, aliran listrik di Bandara Hartsfield Jackson mulai normal. Meski begitu, penerbangan masih belum juga normal. Sejumlah maskapai masih membatalkan penerbangan. Pada Senin ada 400 penerbangan yang dibatalkan dan 42 penerbangan ditunda.

Dilansir CNN, setelah listrik menyala, penumpang langsung berbaris dan melakukan screening keamanan dan berharap bisa segera terbang. Pemadaman listrik ini memang mempengaruhi semua operasi bandara. Pemadaman dilakukan karena ada kebakaran pada fasilitas listrik bawah tanah Georgia Power.

Api merusak dua gardu induk yang melayani bandara. Termasuk daya listrik cadangan. Insiden ini menarik perhatian dunia karena Hartsfield-Jackson merupakan bandara tersibuk di dunia. Dan insiden ini terjadi di saat musim liburan dimana notabene terjadi lonjakan penumpang. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya