Arkeolog Temukan Makam Berusia 4.400 Tahun di Mesir

Makam ini dipercaya sebagai makam pendeta pada dinasti ke-5 Mesir

Kairo, IDN Times - Para arkeolog di Mesih telah menemukan sebuah makam berusia 4.400 tahun di dekat Kairo, Sabtu (3/2/2018) lalu. Makam ini penuh dengan lukisan dinding yang langka dan diyakini sebagai makam seorang imam Mesir berpangkat tinggi. Makam diduga milik seorang imam bernama Hetpet.

1. Makam ditemuka di dekat Piramida Giza

Arkeolog Temukan Makam Berusia 4.400 Tahun di Mesirbbc.com

Dikutip Newyork Times, penemuan itu diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Agung, Mostafa Waziri di lokasi penemuan dekat Piramida Giza. Pihak berwenang Mesir berharap penemuan itu bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Mesir.

Sekretaris Jenderal Dewan Agung Purbakala Mesir, Mostafa Waziri mengatakan makam ditemukan dalam kondisi yang sangat baik. Lukisan-lukisan yang ada di sekitar makam menggambarkan adegan-adegan tradisional seperti binatang merumput, memancing, menangkap burung, mempersembahkan kurban, tentara dan lainnya. 

2. Makam ini memiliki gaya arsitektural dan elemen dekoratif dari dinasti kelima

Arkeolog Temukan Makam Berusia 4.400 Tahun di Mesirbbc.com

Sementara diwartakan BBC, makam itu memiliki gaya arsitektural dan elemen dekoratif dari Dinasti Kelima dengan pintu masuk menuju kuil berbentuk L. Hetpet diketahui seorang pendeta untuk Hathor, dewi yang digambarkan sebagai seekor sapi dan diasosiasikan dengan kesuburan, keibuan dan cinta. Pendeta tersebut diyakini memiliki hubungan kuat dan dekat dengan keluarga Kerjaan Mesir Kuno dari dinasti ke-5. 

3. Makam ini kemungkinan besar dibangun pada tahun 2.400 sebelum masehi. Itu artinya hingga saat ini sudah berusia 4.400 tahun

Arkeolog Temukan Makam Berusia 4.400 Tahun di Mesirbbc.com

Adegan-adegan yang ada di dinding kuburan menunjukkan perburuan dan penangkapan ikan hembel. Termasuk juga gambar tarian dan pertunjukkan musik serta monyet yang merupakan binatang peliharaan kala itu sedang menari. Menteri Barang Antik Mesir, Khaled el-Enany mengatakan makam itu dibuat sekitar tahun 2.400 sebelum masehi.

Itu artinya, hingga saat ini, makam itu berusia 4.400 tahun. Enany menambahkan temuan itu merupakan penemuan pertama di tahun 2018. Penggalian akan berlanjut di situs tersebut. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya