AS Izinkan Perusahaan Swasta Investasi di Korea Utara

Tanda-tanda hubungan kedua negara makin membaik

Washington D.C, IDN Times – Setelah berjanji akan membantu pembangunan ekonomi di Korea Utara, Amerika Serikat kini mengizinkan perusahaan swasta untuk berinvestasi di Korea Utara. Hal ini menjadi salah satu pertanda jika hubungan antara Amerika Serikat dan Korea Utara semakin membaik jelang pertemuan kedua negara di Singapura pertengahan Juni mendatang.

1. Menlu AS, Mike Pompeo belum lama ini bertemu dengan Pimpinan Korut, Kim Jong-un untuk membahas hubungan kedua negara

AS Izinkan Perusahaan Swasta Investasi di Korea Utaratheguardian.com

Dalam sebuah wawancara di Fox News Sunday pada Minggu (13/5/2018), Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan para investor AS dapat membantu membangun jaringan energi di AS. Namun, ia mengklarifikasi, semua ini akan tergantung pada tingkat denuklirisasi yang dilakukan oleh Korea Utara.

Diwartakan BBC dan Guardian, Amerika Serikat memang telah mengumumkan tawarannya untuk membangun ekonomi Korea Utara pada Jumat (11/5/2018) lalu. Pemberian izin bagi perusahaan swasta untuk berinvestasi di Korea Utara adalah salah satu rincian mengenai tawaran pembangunan Korut itu.

2. Mike mengatakan sektor swasta akan berinvestasi di Korea Utara untuk membangun jaringan energi

AS Izinkan Perusahaan Swasta Investasi di Korea UtaraBBC.com

Mike mengatakan sektor swasta Amerika akan datang ke Korea Utara untuk membangun jaringan energi. Korea utara, lanjut dia memutuhkan jumlah listrik yang besar. Selain itu, Mike juga mendorong investasi agrikultural di Korea Utara, sehingga orang Korea Utara bisa dengan mudah memakan daging dan hidup lebih sehat.

Senator Carolina Selatan, Lindsey Graham mengatakan investasi swasta akan menjadi hal yang sangat baik untuk Korea Utara. Ia menjelaskan akan ada banyak dukungan di setiap Kongres Senat untuk memberikan Korea Utara kehidupan yang lebih baik. Amerika Serikat, kata dia, bisa dengan mudah memberikan bantuan hingga membebaskan sanksi. Namun lagi-lagi, syaratnya adalah denuklirisasi total. 

3. Presiden AS, Donald Trump dan Pimpinan Korea Utara, Kim Jong-un dijadwalkan bertemu 12 Juni mendatang di Singapura

AS Izinkan Perusahaan Swasta Investasi di Korea Utaranews.sky.com

Menlu AS, Mike Pompeo sebelumnya memang bertandang ke Korut dan bertemu pimpinan Kim Jong-un untuk membahas pertemuan kedua negara. Presiden AS, Donald Trump dan Pimpinan Korea Utara Kim Jong-un akan melakukan pertemuan untuk kali pertama pada 12 Juni di Singapura. Semoga saja pertemuan kedua negara itu bisa menghilangkan ketegangan yang terjadi antar kedua negara. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya