Banjir dan Longsor Sapu Jepang, Puluhan Orang Dilaporkan Tewas

Badan Meteorologi Jepang memprediksi hujan masih terus turun

Tokyo, IDN Times - Banjir dan longsor menyapu daerah barat Jepang setelah dilanda hujan deras sejak Kamis (5/7/2018). Ratusan rumah telah rusak dan menewaskan lebih dari 50 orang. Puluhan orang lainnya juga diketahui hilang.

1. Rumah hingga jalan di wilayah Hiroshima tertutup banjir

Banjir dan Longsor Sapu Jepang, Puluhan Orang Dilaporkan Tewasjapantimes.co.jp

Diwartakan Japan Times, korban tewas karena banjir dan longsor paling banyak di prefektur Hiroshima. Ribuan petugas kepolisian, petugas pemadam kebakaran dan tentara diturunkan untuk ambil bagian dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Beberapa korban diketahui tewas karena terkubur reruntuhan longsor.

2. Selain banjir, longsor juga menghantui warga Jepang. Tanah longsor menimpa rumah di Prefektur Fukuoka.

Banjir dan Longsor Sapu Jepang, Puluhan Orang Dilaporkan Tewasjapantimes.co.jp

Pemerintah setempat telah memerintahkan lebih dari 1,5 juta orang untuk meninggalkan rumah dan menuju ke tempat yang aman. Sementara 3 juta warga lainnya diminta waspada dan dianjurkan untuk melakukan hal serupa.

3. Petugas militer Jepang ikut dilibatkan dalam proses evakuasi, penyelamatan dan pencarian korban banjir

Banjir dan Longsor Sapu Jepang, Puluhan Orang Dilaporkan Tewasjapantimes.co.jp

Hujan deras diprediksi akan terus melanda sebagian wilayah Jepang hingga beberapa hari ke depan. Pada Jumat dan Sabtu (7/7/2018) pagi, di Kota Motoyama, hujan deras terus mengguyur dalam waktu yang lama.

Wilayah Kyoto juga mengalami hal serupa. Hujan yang terus menerus mengguyur area itu berpotensi membuat banjir sulit surut.

4. Badan Meteorologi Jepang meningkatkan alarm peringatan untuk wilayah barat Jepang. Semoga saja banjirnya cepat surut ya.

Banjir dan Longsor Sapu Jepang, Puluhan Orang Dilaporkan Tewasjapantimes.co.jp

Penduduk lokal, Manabu Takeshita mengatakan masyarakat yang tinggal tidak jauh dari sungai harus berhati-hati dan waspada karena musim angin topan baru saja dimulai. Total ada sekitar 8 prefektur yang terdampak banjir dan longsor.

Badan Meteorologi Jepang telah meningkatkan sistem peringatan ke tingkat tertinggi untuk wilayah barat Jepang. Dan tidak memungkinkan jika cuaca terus memburuk peringatan akan diberlakukan di area lain.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya