Pegawai Pabrik Ini di-PHK & Dapat Pesangon 10 Ban

Semua gara-gara krisis ekonomi Venezuela

Caracas, IDN Times - Sebuah produsen ban kenamaan, Goodyear tepaksa merumahkan ratusan pegawainya yang bekerja di Venezuela. Bukan tanpa sebab, krisis ekonomi yang melanda Venezuela akhirnya membuat Goodyear terpaksa menghentikan operasional pabriknya. Pihak perusahaan saat ini sedang mengurus pembayaran pesangon, termasuk memberikan 10 unit ban sebagai pesangon untuk para karyawan

1. Ban produksi Goodyear dihargai cukup tinggi di pasar gelap

Pegawai Pabrik Ini di-PHK & Dapat Pesangon 10 Bansport.yahoo.com

Dalam pernyataannya pada Senin (10/12/2018), Goodyear menyebutkan jika menutup operasional dan merumahkan karyawan di Venezuela merupakan hal yang cukup sulit. Pihaknya telah berusaha agar pabrik tetap berproduksi. Namun sayangnya, kondisi ekonomi dan sanksi dari AS terhadap Venezuela membuat pabrik sulit untuk beroperasi. 

2. Goodyear menjadi perusahaan multinasional terbaru yang hengkang dari Venezuela

Pegawai Pabrik Ini di-PHK & Dapat Pesangon 10 Bantwitter/ANTrabajadores

Diwartakan BBC, Financial Post dan Bloomberg, sejak dilanda krisis ekonomi dan hiperinflasi, sejumlah perusahaan multinasional di Venezuela terpaksa gulung tikar. Perusahaan asing secara bergiliran menarik investasinya di Venezuela.

Goodyear menjadi perusahaan multinasional terbaru yang hengkang dari Venezuela setelah sebelumnya Kellogg, Kimberley Clark dan beberapa maskapai penerbangan hengkang karena alasan krisis ekonomi.

Baca Juga: Perang Dagang Industri Otomotif, General Motors PHK 14 ribu Karyawan

3. Venezuela memang tengah dilanda krisis ekonomi sejak tahun 2014

Pegawai Pabrik Ini di-PHK & Dapat Pesangon 10 Banbikeradar.com

Krisis ekonomi yang melanda Venezuela sejak 2014 mendorong terjadinya hiperinflasi. Hal itu mendorong kenaikan harga barang, terbatasnya stok makanan, obat-obatan hingga pemutusan sambungan listrik.

Dalam dua tahun terakhir, AS juga menggulirkan sanksi untuk Venezuela, termasuk para pejabat tingginya. AS menuding para pejabat Venezuela melakukan korupsi, penyelundupan obat-obatan terlarang dan pelanggaran HAM. Namun Pemerintah Venezuela membantah semua tuduhan itu.

Baca Juga: Pekerjaanmu Rawan PHK? 6 Hal Ini Membuatmu Tak Tergantikan

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya