Facebook Blokir Iklan tentang Referendum Irlandia

Takut ada yang memengaruhinya ya

Dublin, IDN Times - Facebook akan memblokir iklan yang berkaitan dengan referendum Irlandia yang bukan berasal dari pengiklan dalam negeri. Hal ini dilakukan karena ada kekhawatiran jika iklan yang berasal dari non Irlandia akan memengaruhi hasil referendum.

1. Larangan ini mulai berlaku pada 8 Mei 2018

Facebook Blokir Iklan tentang Referendum Irlandiathehill.com

Diwartakan BBC dan Washington Post, Facebook menjelaskan larangan iklan yang tidak berasal dari pengiklan dalam negeri mulai efektif diterapkan pada 8 Mei 2018. Kebijakan seperti itu juga akan berlaku untuk pemilihan di masa depan.

Facebook menyatakan langkah ini adalah sebagai upaya untuk membantu melindungi integritas pemilu, dan referendum dari pengaruh yang tidak semestinya. Penerapan kebijakan ini dirasa Facebook juga sejalan dengan undang-undang pemilu Irlandia yang melarang kampanye dari donasi asing.

2. April lalu, Facebook juga memeriksa iklan yang berkaitan dengan pemilihan lokal di Inggris

Facebook Blokir Iklan tentang Referendum Irlandialatribune.fr

Bukan hanya kali ini, pada April, Facebook mengumumkan akan melakukan pemeriksaan iklan yang berkaitan dengan pemilihan lokal di Inggris. Namun tindakan ini tidak mencakup pemblokiran iklan. Pihak Facebook mengatakan akan selalu memantau semua pemilihan yang terjadi.

Sehingga bisa menentukan langkah tepat untuk membantu terselenggaranya pemilihan yang baik.

3. Referendum Irlandia ini menentukan nasib aturan mengenai aborsi. Referendum rencananya digelar 25 Mei mendatang

Facebook Blokir Iklan tentang Referendum Irlandiapri.org

Untuk diketahui, Irlandia akan melakukan referendum yang dapat mencabut amandemen kedelapan dalam konstitusi Republik Irlandia. Pemungutan suara itu akan dilakukan pada 25 Mei mendatang. Referendum ini mendapat perhatian penuh.

Karena amandemen kedelapan ini menjunjung tinggi aturan ketat seputar aborsi, dengan mengakui hak untuk hidup bagi janin yang belum lahir. Keberadaan amandemen ke delapan ini membuat Irlandia memiliki larangan aborsi yang hampir total.

Pada April lalu, komisaris perlindungan data Irlandia mengatakan ada kemungkinan aktor asing mencoba memengaruhi referendum.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya