Ilmuwan 104 Tahun Asal Australia Ini Pilih Akhiri Hidupnya

Ia akan sangat menyesal jika hidup sampai usia lanjut

Sydney, Idn Times - Seorang ilmuwan Australia berusia 104 tahun, David Goodall memilih untuk melakukan euthanasia atau mengakhiri hidupnya sendiri. David Goodall yang merupakan ahli botani dan ekologi, mengaku akan sangat menyesal jika hidup sampai usia lanjut. David rencananya mengakhiri hidupnya pada tanggal 10 Mei.

1. David mengaku kehidupannya tidak bahagia

Ilmuwan 104 Tahun Asal Australia Ini Pilih Akhiri Hidupnyabbc.com

Diwartakan BBC, CNN dan Guardian, Rabu (2/5/2018), David memutuskan untuk keliling dunia dan mengakhiri hidupnya. Dalam sebuah wawancara dengan Australian Broadcasting Corporation, David mengaku menyesal telah berumur panjang. Dia mengaku tidak bahagia dan ingin mati.

David mengaku merasa sedih jika keinginannya untuk mati dicegah. David melakukan perjalanan ke Klinik Life Circle di Basel, Swiss ditemani perawat dari organisasi pro-euthanasia, Exit Internasional.

2. David sudah tergabung ke dalam komunitas pro Euthanasia. Euthanasia adalah tindakan mengakhiri hidup seseorang dengan alasan kemanusiaan

Ilmuwan 104 Tahun Asal Australia Ini Pilih Akhiri Hidupnyabbc.com

Euthanasia sendiri adalah tindakan sengaja untuk mengakhiri hidup seseorang yang merasakan sangat sakit dan menderita. Biasanya proses euthanasia relatif cepat dan tanpa rasa sakit demi alasan kemanusiaan. Praktik euthanasia ini masih ilegal di Australia. Termasuk di negara bagian tempat David tinggal.

Di Amerika Serikat, hanya tujuh negara yang juga mengizinkan praktik itu. Negara kecil lainnya, Jepang, Belgia dan Swiss juga mengizinkan praktik itu.

3. David berpamitan dengan cucunya di bandara sebelum lepas landas ke Eropa

Ilmuwan 104 Tahun Asal Australia Ini Pilih Akhiri Hidupnyacnn.com

Sebelum keberangkatannya ke Swiss, David mengaku kondisi kesehatannya secara teknis sangat baik. Hanya saja ia mengaku jika kualitas hidupnya memburuk. David sendiri telah menjadi anggota Exit International selama 20 tahun.

David rencananya akan menghabiskan waktu beberapa hari di Prancis, sebelum akhirnya terbang ke Swiss untuk mengakhiri hidupnya pada 10 Mei.

Philip Nitschke, pendiri Exit International mengatakan tindakan bunuh diri yang dibantu secara medis sangat terbuka di Swiss bagi siapa saja. Asalkan pemohon memiliki alasan yang kuat untuk memenuhi kriteria tertentu.

4. David diketahui sebagai seorang ahli botani dan ekologi. Ia cukup dikenal di beberapa negara termasuk AS dan Inggris

Ilmuwan 104 Tahun Asal Australia Ini Pilih Akhiri Hidupnyacnn.com

Untuk diketahui, David Goodall lahir pada tahun 1914 beberapa bulan sebelum pecahnya Perang Dunia I. David adalah seorang profesor yang dihormati dan memegang posisi akademik di Inggris, Amerika Serikat dan Australia.

Setelah pensiun pada tahun 1979, David mengedit buku mengenai ekosistem dunia sebanyak 30 seri yang ditulis oleh lebih dari 500 penulis.

Perjalanan David untuk mengakhiri hidupnya didukung oleh sumbangan sebesar 20 ribu USD dari simpatisan, yang dikumpulkannya lewat sebuah web crowdfunding, Go Fund Me. 

Jadi apa nih pendapat kamu?

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya