Istri PM Israel Dituduh Salahgunakan Uang Negara

Ia membantah telah melakukan korupsi

Tel Aviv, IDN Times - Istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Sara Netanyahu dituduh melakukan penyalahgunaan dana negara. Pada Kamis (21/6), Sara Netanyahu didakwa bersama Ezra Seidoff, mantan Wakil Direktur Jenderal Kantor Perdana Menteri. Sara dituduh menyalahgunakan dana sebesar 359.000 Shekel atau setara dengan Rp1,4 M untuk layanan makanan di kediaman resmi perdana menteri. 

1. Dana yang disalahgunakan adalah dana untuk makanan di kediaman resmi perdana menteri

Istri PM Israel Dituduh Salahgunakan Uang Negaranews.sky.com

Diwartakan BBC, News Sky dan CNN, Sara Netanyahu membantah telah menyalahgunaan dana negara. Pengacaranya menyebutkan dakwaan yang diberikan sangatlah aneh. 

Menurut rincian dakwaan, Sara Netanyahu dan Seidoff menyalahgunakan dana pengeluaran negara antara September 2010 hingga Maret 2013 untuk makanan yang dikirimkan ke kediaman resmi perdana menteri dan untuk mempekerjakan koki pribadi. Sementara koki itu tidak pernah ada.

2. Total dana yang diduga disalahgunakan sebesar Rp1,4 miliar

Istri PM Israel Dituduh Salahgunakan Uang Negaramiddleeastmonitor.com

Dituding melakukan penyalahgunaan danaseperti itu, Sara sangat marah. Ia merasa tuduhan itu seperti perburuan pada keluarganya dan didorong oleh lawan politik. Pengacara Sara Netanyahu mengatakan tidak ada penipuan atau pelanggaran kepercayaan dan pelanggaran lain. 

3. Kasus ini sudah bergulir cukup lama dan sempat menjadi konsumsi media

Istri PM Israel Dituduh Salahgunakan Uang Negarakremlinpost.com

Kasus ini sebenarnya sudah cukup lama bergulir dan sempat menjadi konsumsi media lokal. Tahun lalu, Jaksa Agung Avichai Mandelblit sempat menyatakan akan mempertimbangkan menjadikan Sara Netanyahu sebagai tersangka berdasarkan hasil penyelidikan yang sudah lama berjalan. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya