Jepang Bantu Tingkok Lakukan 'Revolusi Toilet'

Revolusi toilet ini bertujuan untuk genjot jumlah wisatawan asing

Jepang menawarkan bantuannya untuk membantu revolusi toilet yang sedang digaungkan Tiongkok. Teknologi tinggi di bidang toilet yang sudah diterapkan di Jepang rencananya akan diadopsi di Tiongkok, sehingga revolusi toilet Tiongkok bisa berjalan mulus.

1. Dukungan Jepang ini terungkap dalam pertemuan tingkat tinggi Jepang-Tiongkok awal pekan ini

Jepang Bantu Tingkok Lakukan 'Revolusi Toilet'cnbc.com

Diwartakan Guardian dan News Week, hal itu terungkap pada pertemuan tingkat tinggi antara Jepang dan Tingkok pada Minggu (15/4/208) dan Senin (16/4/2018). Kedutaan Jepang di Beijing diketahui telah melakukan pembicaraan tentang dukungan Jepang terhadap Revolusi Toilet Tiongkok. Selain itu, pada pertemuan itu, pejabat Tiongkok dan Jepang berjanji untuk meningkatkan hubungan dalam menghindari perang perdagangan global dan meningkatkan kerjasama dalam proyek infrastruktur di seluruh dunia.

Kementerian Luar Negeri Jepang saat ini telah meminta ide dari perusahaan swasta termasuk penemu washlet, Toto untuk membantu Tiongkok di bidang revolusi toilet. 

2. Jepang memang dikenal memiliki teknologi toilet yang canggih

Jepang Bantu Tingkok Lakukan 'Revolusi Toilet'theguardian.com

Bantuan Jepang dalam revolusi toilet Tiongkok ini awalnya mencuat pada Desember ketika Sekjen Partai Liberal Demokrat yang berkuasa di Jepang, Toshihiro Nikai mengunjungi sekolah partai komunis di Beijing dan mengusulkan bidang kerjasama baru termasuk masalah kebersihan dan toilet yang berkualitas. Jepang selama ini telah menyebarkan 'diplomasi toilet' di India dan Asia Tenggara.

Pada tahun 2015, Presiden Tiongkok, Xi Jinping meluncurkan kampanye nasional untuk mengganti toilet jongkok Tiongkok dengan alasan pariwisata. Xi mengatakan revolusi toilet ini sebagai bagian dari revitalisasi negaranya dan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

3. Di rentang tahun 2018-2020, Tiongkok memiliki mimpi untuk membangun 64 ribu toilet yang berkualitas bahkan berstandar bintang lima

Jepang Bantu Tingkok Lakukan 'Revolusi Toilet'chinadaily.com

Administrasi Pariwisata Nasional Tiongkok mengatakan Pemerintah Tiongkok akan membangun atau meningkatkan setidaknya 64 ribu toilet di tahun 2018 hingga 2020. Pada Februari lalu, kantor berita Xinhua melaporkan revolusi toilet berada di jalurnya. Kamar mandi kini terpasang di sebagian besar kereta api berkecepatan tinggi di negara itu.

Tiongkok memiliki mimpi untu memiliki toilet bintang lima di setiap daerah, termasuk juga toilet umum. Dengan begitu para wisatawan betah berlama-lama berwisata di Tiongkok.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya